Manfaat Kunyit Bubuk untuk Kesehatan Tubuh Luar dan Dalam

57

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mengkonsumsi olahan dari tanaman herbal untuk kesehatan memang jauh lebih aman. Salah satu olahan herbal yang sering digunakan adalah kunyit.

Rempah yang identik dengan warna kuning ini, sering disebut suplemen nutrisi alami. Manfaat minum kunyit mentah sangat besar untuk tubuh, termasuk juga untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, kunyit memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh luar dan dalam.

Penasaran apa saja manfaat kunyit bubuk? Simak ini!

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kurkumin memiliki efektivitas sebagai obat antiperadangan dan tidak memberikan efek samping. Senyawa kurkumin dapat memblokir NF-kB atau molekul yang bergerak ke inti sel tubuh.

Artinya senyawa ini bisa melawan peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh yang sedang bekerja. NF-kB diyakini memainkan peran utama dalam banyak penyakit kronis.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Selain meningkatkan imunitas tubuh, kandungan kurkumin dalam kunyit juga bisa mencegah penyakit jantung. Pasalnya, kandungan tersebut mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Jika digunakan untuk mencegah penyakit jantung, biasanya kunyit lebih dahulu ditumbuk dan diperas airnya. Kemudian diberi sedikit madu sebagai pemanis atau bisa menyeduh langsung kunyit bubuk yang tersedia di pasaran.

Namun usahakan kunyit bubuknya alami alias tidak dicampur dengan apapun. Salah satunya kunyit bubuk yang bisa dibeli di sini.

3. Mengeringkan Jerawat

Masker kunyit yang dipakai untuk kecantikan juga bermanfaat untuk mereka yang memiliki jerawat.

Jika dipakai dengan rutin, masker kunyit ini membantu mengeringkan jerawat yang sedang radang tersebut. (trj)