Ternyata Inilah 3 Kelemahan Makhluk Halus Menurut Kepercayaan Orang Jawa

652

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejak jaman dahulu, bahasan terkait makhluk harus selalu dibawa secara turun temurun, utamanya dikalangan orang Jawa. Termasuk soal cara mengusir dan berbagai kelemahan makhluk halus tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, walaupun teknologi sudah melesat canggih, kepercayaan soal kelemahan makhluk halus tak bisa ditampikkan. Menariknya, kepercayaan tersebut selalu dipercaya dari mulut ke mulut.

Apa saja kelemahan makhluk halus berdasarkan kepercayaan orang Jawa? Berikut 3 diantaranya:

1. Keberadaan Tanaman Kelor

Semua orang Jawa pasti tak asing mendengar tanaman kelor dikait-kaitkan dengan makhluk halus. Ya, tanaman satu ini disinyalir menjadi salah satu tanaman yang ditakuti oleh makhluk halus.

Bahkan tak pandang bulu, semua jenis makhluk halus takut dengan tanaman satu ini. Entah mengapa bisa ditakuti, sampai saat ini pun hanya orang-orang tertentu yang bisa menjelaskannya.

Baca Juga :   Tak Cuma Garam, Ini Benda Lain yang Dipercaya Bisa Mengusir Hantu

2. Melihat Sapu Lidi Kawak

Kelemahan makhluk halus yang kedua adalah melihat sapu lidi kawak. Apa itu? yakni sapu yang sudah lama dipakai, bentuknya yang kaku dan ujungnya tajam.

Benda ini adalah benda pengusir roh halus yang sering digunakan orang tua jaman dulu untuk mengobati orang ke surupan. Hanya dengan memukul kaki orang yang kesurupan sebanyak 3 kali.

3. Keberadaan Bambu Kuning

Kelemahan yang terakhir adalah bila melihat keberadaan bambu kuning. Saking ditakutinya, banyak orang memagari rumahnya dengan bambu kuning.

Tak hanya itu, sebagai combo penangkal, orang Jawa biasanya menyarankan bambu kuning disandingkan dengan tebu Ireng. Dengan begitu, semua makhluk halus tidak akan berani mendekat. (trj)