Warga Bandaran Resah, Kontak Motor hingga Kue Lebaran Diembat Kera Liar

194
Seekor kera yang didapati masuk ke area permukiman.

Dringu (WartaBromo.com) – Warga Dusun Bandaran, Dringu, Kabupaten Probolinggo resah belakangan ini. Itu terjadi menyusul banyaknya kerja liar di kawasan permukiman setempat.

“Sering sekali, kalau datang itu merusak genting, sama mengincar kunci kontak motor. Dibawa kabur dan dibuang biasanya,” kata salah satu warga, Didik, Minggu (30/04/2023).

Teror kera liar itu melanda warga Bandaran sejak sekitar lima bulan lalu. Kemunculannya sendiri, tidak bisa ditebak. Namun, biasanya  pada pagi atau sore hari.

Sasaran kera liar ini mulai dari jemuran warga. Kontak motor, buah-buahan dari tanaman perkebunan, sampai kue lebaran di ruang tamu menjadi sasarannya.

“Kalau kunci motor itu sudah lima kali kejadian. Jam-jam segini ini biasanya sudah lompat turun. Kemarin buah pisang di sana itu habis dimakannya,” tutur warga Bandaran yang lain, Kemi.

Kera-kera liar itu kerap datang dari arah bantaran Kali Dringu yang berjarak sekitar 20 meter arah barat pemukiman.

Dusun Bandaran sendiri, sering didatangi lantaran masih banyak tanaman buah yang ditanam warga. Seperti Kedondong, Jambu, Pisang dan lain sebagainya.

“Ya kami takut, apalagi kalau dekat anak-anak. Takutnya dicakar atau dilukai,” tandas Kemi.

Warga berharap, ada kepedulian dari pihak terkait. Untuk memasang jerat bagi primata tersebut. Sehingga bisa diamankan dan tidak menebar teror pada warga. Selanjutnya, hewan itu bisa dilepas liarkan lagi. (lai/saw/asd)