Perhatikan! Ini Tips Membuat CV yang Menarik Agar Cepat Diterima Kerja

30

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pada umumnya, saat mengajukan lamaran pekerjaan, penting untuk membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik. CV perlu dirancang dengan baik agar HRD perusahaan tertarik untuk mengundang Bolo.

CV atau yang sering disebut juga resume, berisi informasi yang relevan dengan identitas pribadi Bolo. Pembuatan CV tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena itulah yang pertama kali menarik perhatian HRD.

Nah, berikut tips membuat CV pekerjaan yang menarik, dilansir dari berbagai sumber yang bisa Bolo terapkan:

1. Masukkan Data Diri Selengkap Mungkin

Dalam hal ini perlu diketahui bahwa sangat penting untuk menuliskan data diri dengan benar dan jelas dalam CV. Mulai nama lengkap, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, dan email.

Untuk email, disarankan menggunakan nama yang jelas dan formal. Hindari menggunakan nama yang tidak jelas atau sulit dipahami.

2. Cantumkan Pengalaman yang Relevan

Langkah berikutnya dalam membuat CV yang menarik adalah memilih dengan cermat pengalaman-pengalaman yang ingin dimasukkan.

Pastikan pengalaman tersebut memiliki relevansi yang tinggi dengan posisi yang Bolo lamar. Masukkan detail pengalaman kerja lengkap dengan tahun dan jobdesk.

3. Cantumkan Prestasi

Prestasi yang tercatat dalam CV menunjukkan ketekunan dan determinasi Bolo dalam mencapai impian. Pastikan untuk mencantumkan prestasi dengan jelas, termasuk penyelenggara, tahun diselenggarakannya, dan nama perlombaan.

Disarankan untuk mencantumkan prestasi terbaik, jika ada usahakan untuk memasukkan mulai juara 1 minimal tingkat kota. Bila tidak ada setidaknya cantumkans sertifikat sebagai peserta lomba.

4. Pakailah Font Profesional

Meskipun terlihat sepele, pemilihan font yang tepat sangat penting dalam membuat CV yang menarik. Pastikan font yang digunakan terlihat profesional dan mudah dibaca, bukan font yang sembarangan atau sulit dibaca.

Secara umum, font yang sering digunakan dalam pembuatan CV adalah Times New Roman, Arial, atau Calibri. Selain itu, disarankan untuk menggunakan ukuran font antara 10 hingga 12 point.

Pemilihan font yang tepat akan membantu memudahkan perekrut dalam membaca CV Anda tanpa menyebabkan kebingungan.

5. Tampakkan Foto Diri

Bagian penting di dalam CV adalah jangan sampai lupa memasukkan foto diri. Usahakan menggunakan foto formal dengan background polos.

Foto bisa disesuaikan dengan syarat dan ketentuan perusahaan atau instansi yang dilamar. Jangan sampai foto Bolo blur, ya! (tra/trj)