Pelajar Probolinggo Dominasi Pelanggaran saat Operasi Semeru

130
Ratusan motor yang diamankan polisi dari Operasi Semeru.

Probolinggo (WartaBromo.com) – Dua pekan Satlantas Polresta Probolinggo lakukan Ops Semeru. Ada 51 pelanggar lalu lintas berhasil terciduk polisi.

Data yang diterima WartaBromo, selama dua pekan ops Semeru, Satlantas Polresta Probolinggo lakukan 51.997 penindakan. Dengan rincian, tilang ETLE 186 kali dan tilang manual 728 kali. Serta teguran pada pengendara sebanyak 51.083 kali.

Dari puluhan ribu pelanggaran itu, ada 228 unit roda dua diamankan. 128 di antaranya memakai knalpot brong.

“Dari jumlah tersebut, 52 persennya digunakan pelajar,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Wadi Sa’bani, Senin (24/07/2023).

“Kami himbau orang tua agar lebih perhatian pada anaknya. Terutama menyangkut aturan dan keselamatan di jalan,” tegasnya.

Selama operasi berlangsung, Wadi mengklaim angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sampai 50 persen di wilayah hukum Polresta Probolinggo.

Sementara angka tilang, naik drastis. Mencapai 539 persen dibanding tahun sebelumnya. Kini ratusan motor yang disita dari pelanggar aturan lalu lintas, masih berada di parkiran Mapolresta Probolinggo.

Pemilik bisa mengambil unit kendaraannya, dengan beberapa syarat. Antara lain, membawa onderdil standar kendaraan bermotor. Sesuai spesifikasi dari pabrik. (lai/saw)