Ini 3 Pondok Pesantren Terbaik di Pasuruan, Salah Satunya Pondok Tertua!

12795

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pasuruan adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak pondok pesantren. Tak heran jika Pasuruan memiliki julukan Kota Santri.

Adanya pondok pesantren di Pasuruan memiliki sejarah yang panjang. Bahkan, dari pondok-pondok inilah para ulama dan tokoh masyarakat lahir memajukan dakwah Islam di Pasuruan.

Berikut ada 3 pondok pesantren terbaik di Pasuruan dilansir dari pesantrenterbaik.com:

1. Pondok Pesantren Salafiyah Paskot

Pondok pesantren satu ini dikenal diasuh oleh KH. Muhammad Idris Hamid. Pola pembelajaran di pondok pesantren ini mirip dengan pondok pesantren Sidogiri.

Kelebihan dari pondok pesantren ini adalah disediakannya sekolah umum di pagi hari sehingga pendaftar bisa memilih sesuai kebutuhan. Pondok ini seringkali dijadikan rujukan para orang tua untuk mencarikan ilmu bagi anak-anaknya karena tergolong murah namun fasilitas mumpuni.

Baca Juga :   Ponpes di Kabupaten Pasuruan Terima Bantuan Operasional Rp 2,4 Miliar

Adapun biaya masuk ke pondok pesantren ini adalah Rp1.050.000 dan untuk biaya bulannya beragam sesuai dengan kelas madrasah diniyahnya. Alamatnya di l. KH. Abdul Hamid Gang Vlll No.14, Kebonsari, Kec. Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

2. Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah (DALWA)

Pondok pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1981. Sampai saat ini, santri yang ditampung di pondok Dalwa sudah mencapai hampir sepuluh ribuan.

Adapun yang menarik dari pesantren ini adalah, santri-santrinya diwajibkan memakai pakaian sesuai ajaran sunnah, yakni jubah. Tak hanya itu, di pondok Dalwa juga terdapat jenjang pendidikan yang sangat lengkap, mulai TK sampai S3.

Berapa biaya masuknya? Menurut informasi terakhir, kurang lebih sekitar 10 jutaan dengan biaya per bulan sebesar Rp600.000-an. Alamat lengkap pesantren ini ada di Jl. Raya Raci No.51, RT.04/RW.03, Panumbuan, Raci, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga :   Pesan Cak Nun pada Irsyad Yusuf

3. Pesantren Bayt Al-Hikmah

Pondok pesantren terbaik di Pasuruan yang terakhir adalah pesantren Bayt Al-Hikmah. Pondok ini merupakan salah satu pondok tertua di Pasuruan, yakni didirikan pada tahun 1779.

Kini, fasilitas belajar di pondok pensantren Bayt Al-Hikmah sudah semakin lengkap. Bahkan, baru-baru ini mendirikan laboratorium bahasa sehingga santri-santri bisa mendapatkan ilmu yang lebih mumpuni.

Adapun biaya masuknya sekitar dua puluh jutaan. Pesantren ini beralamat di Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Kec. Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Itulah 3 pondok pesanten terbaik di Pasuruan yang bisa Bolo jadikan referensi. Informasi lebih lanjut Bolo bisa menghubungi langsung melalui website masing-masing pesantren. (trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.