Jika KTP Anda di Pasuruan Tak Kunjung Jadi, Alasannya Karena ini…

284

Bangil (WartaBromo.com) – Meski blangko sudah datang, namun hingga hari ini, belasan ribu dokumen kependudukan warga dalam bentuk KTP Elektronik (KTP-el) masih banyak yang belum tercetak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati mengatakan, pihaknya kehabisan stok blangko KTP-el sejak 3 minggu lalu.

Hal itu disebabkan macetnya pengiriman blangko dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri alias stok di pusat yang juga kosong.

“Karena semua blangko dokumen KTP-el dari Kemendagri,” kata Tecto saat dihubungi via telepon, Kamis (10/08/2023) siang.

Sebenarnya, ketika stok blangko mulai menipis, Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan langsung mengusulkan pengiriman ke Pusat. Namun keputusan segera dikirim atau tidaknya blangko, seluruhnya tergantung dari pusat.

Baca Juga :   13 WNA di Pasuruan Kantongi KTP-el

Sebagai buktinya, Tecto menyampaikan bahwa sebanyak 2000 blangko sudah datang dua hari lalu, dan seketika langsung dicetak untuk para pemohon KTP yang sudah “ngendon” selama berhari-hari.

“Dan sekarang habis lagi, karena estimasi satu hari bisa mencetak antara 400-500 KTP-el,” terangnya.

Dengan masih banyaknya KTP-el yang belum tercetak, Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan terus mengusulkan penambahan jumlah blangko di setiap mingguntya.

Kata Tecto, usulan tersebut bisa disampaikan hingga dua kali dalam satu pekan.

“Tapi lagi-lagi kita nggak bisa berharap ada sebelas ribu blangko yang datang sekaligus. Karena Pusat juga pasti membagi untuk semua kota dan kabupaten se-Indonesia,” tegasnya.

Lebih lanjut Tecto meminta maaf kepada para pemohon KTP atau dokumen kependudukan lainnya, agar bersabar sampai semua blangko datang. Sehingga bisa langsung dicetak dan dipergunakan sesuai kebutuhannya.

Baca Juga :   Dispendukcapil Probolinggo Terapkan Tandatangan Elektronik untuk Validasi Dokumen

“Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Bisanya menunggu kapan datang dan berapa yang dikirimkan,” pungkas pria yang sebelumnya menjabat Kepala Bakesbangpol itu. (mil/yog)