Ratusan Ribu Jemaah Haul KH Abdul Hamid Banjiri Pusat Kota Pasuruan

1851
Ratusan Ribu Jemaah Haul KH Abdul Hamid Banjiri Pusat Kota Pasuruan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ratusan ribu jemaah haul akbar KH Abdul Hamid ke-42 membanjiri pusat Kota Pasuruan, Senin (25/9/2023). Diketahui para jemaah datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Pantauan wartabromo.com, sejumlah titik yakni Alun-alun Pasuruan, Masjid Jamik Al-Anwar, Jalan Kartini, Jalan Niaga hingga kawasan Jalan Jawa menuju Ponpes Salafiyah sudah dipenuhi para jemaah sejak pukul 08.00 WIB.

Hingga saat ini, para jemaah masih terus berdatangan untuk menghadiri haul akbar tersebut.

Seperti yang dikatakan oleh Imron Hadi (45), salah satu jemaah yang datang dari Kalimantan Tengah bersama keluarganya mengatakan, setiap tahun saya selalu hadir hanya untuk mendapatkan barokah KH Abdul Hamid.

“Dari semalem sama keluarga, tujuannya nyari berkah,” tutur Hadi.

Hal serupa juga dikatakan oleh Suleman (35), warga Sampang, Madura ini rela datang sejak pukul 03.00 WIB pagi tadi hanya untuk bisa merangsek dekat dengan kawasan Pondok Pesantren Salafiyah.

“Sama, ini rombongan dari madura sengaja datang pagi tari, berangkat malam,” ujarnya.

Sekadar diketahui, acara puncak yakni Haul Akbar KH Abdul Hamid, Kota Pasuruan akan digelar pada Senin (25/9/2023) mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai. Malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan Lailatul Hadrah atau Ishari sekitar pukul 19.30 WIB.

Acara Haul tersebut juga dihadiri oleh pejabat negara seperti Erick Thohir, Mahfud MD hingga ketua PBNU Gus Yahya.

Kegiatan Haul Akbar Romo KH Abdul Hamid ini juga akan dijaga oleh 950 personel gabungan dari Polri, TNI, Pemerintah hingga Banser. (don/may)