Tak Cuma Transaksi Pakai Koin, Ini Keunikan Lain Pasar Pring Sewu di Pandaan

1848

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pasuruan seolah tak kehabisan sisi unik, salah satunya terlihat dari pasar Pring Sewu di Pandaan. Uniknya, pembeli di pasar ini menggunakan koin bambu sebagai alat transaksi.

Beralamat di Dusun Binangun, Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, pasar ini tak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, pasar ini mengusung tema tempo dulu.

Dilansir dari strategi.id, nama pasar Pring Sewu ini tak lain karena lahan tempat transaksi ini rimbun dengan rumpun bambu.

Adapun makanan-makanan yang dijual di pasar Pring Sewu di Pandaan kebanyakan makanan tradisional. Seperti upis, cenil, horok-horok, sawut, pecel, polo pendem, dan lain-lain.

Tak hanya makanan, ada pula mainan tradisional seperti, egran, kekean, dan kapal-kapalan. Tentu akan sangat cocok kalau Bolo mengajak anak-anak berkunjung ke pasar Pring Sewu di Pandaan ini.

Baca Juga :   Ini Penjelasan Apache soal PHK Ratusan Karyawannya

Nah, tak sekadar membeli makanan atau barang-barang, di sini Bolo juga bisa mengenalkan anak-anak mengenai hewan-hewan. Bahkan, Bolo bisa mengajak anak untuk memberi makanan kelinci dan kambing.

Salah satu ciri khas lainnya adalah semua stan di sini dimiliki oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dijalankan oleh penduduk setempat.

Semua stan tersebut dibangun menggunakan bambu sebagai bahan utamanya. Para pedagang yang berjualan di sini juga mengenakan pakaian tradisional atau pakaian khas dari masa lalu. (jun)