Peserta dari Luar Negeri Ramaikan Local Media Summit 2023

108

Jakarta (WartaBromo com) – Local Media Summit (LMS) 2023 resmi dibuka, Rabu (11/10/2023). Berbeda dengan sebelumnya, kali ini, agenda tahunan itu diikuti peserta dari luar negeri.

Pantauan WartaBromo, setidaknya ada beberapa media lokal asal luar negeri ikut meramaikan perhelatan kegiatan ini. Seperti Filipina hingga Srilanka.

CEO Suara.com, Suwarjono dalam sambutannya saat pembukaan menyampaikan, LMS sebagai sebuah inisiatif untuk mendukung tumbuhnya ekosistem digital. Terutama oleh kalangan media lokal.

“Di forum ini, kita akan banyak belajar, sharing pengalaman bukan hanya mengenai bagaimana memproduksi konten jurnalisme terbaik, tapi juga menarik,” kata Suwarjono saat memberikan sambutan.

Lars Bestle, selaku IMS Asia Regional Director menuturkan hal yang sama. Menurutnya, tidak semua informasi yang diperlukan masyarakat dapat dipenuhi media besar (nasional). Karena itu, media lokal berperan penting untuk mengisi ruang kosong tersebut.

Kendati demikian, tugas tersebut tidak mudah di tengah pertumbuhan industri media yang sangat pesat. “Tapi setidaknya media lokal bisa memberi jalan terang di tengah marahnya hoaks dan disinformasi”.

Solusi Akar Rumput

Deputy Director of Environment Office USAID, Mark Newton yang juga hadir dalam kegiatan tersebut sampaikan dukungannya atas penyelenggaraan LMS ini. Melalui kegiatan ini, ia berharap media-media lokal semakin kuat. Bukan hanya dari sisi bisnis, tetapi juga jaringan.

Mark bilang, media lokal berperan penting untuk bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat. Misalnya saja isu soal sanitasi yang sampai saat ini masih menjadi persoalan serius.

Menurut Mark, ada banyak cerita baik oleh media lokal yang kemudian menginspirasi banyak orang.

“Karena itu, penting untuk mewujudkan media lokal yang kuat dan independen untuk bersama-sama mencari solusi berbagai persoalan di akar rumput,” jelas Mark. (asd)