Serunya Kegiatan Outdoor Learning di Kebun Raya Purwodadi

463

Purwodadi (WartaBromo.com) – Pembelajaran tatap muka luar ruangan atau outdoor learning bisa menjadi alternatif pembelajaran selain di dalam kelas. Outdoor learning ini bertujuan untuk memanfaatkan lingkungan sekitar atau alam terbuka. Seperti di Kebun Raya Purwodadi yang memiliki luasan 85 ha yang dapat digunakan untuk outdoor learning dengan beragam kelas edukasi.

SMP Sains Al Quran Ar-Raudloh Lamongan salah satu lembaga pendidikan hadir di Kebun Raya Purwodadi untuk belajar dalam edukasi kompos.

Diawali dengan materi tentang kompos, kemudian melihat proses pembuatannya, hingga yang paling dinanti yaitu praktek dan pengaplikasian kompos.

Berjumlah 33 siswa yang terdiri dari kelas 8 dan kelas 9 mereka sangat senang melakukan pembelajaran di luar ruangan sebagai pengaplikasian pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Selain itu, sebagai sarana refreshing dari aktifitas sehari-hari. Karena dengan konsep sekolah “boarding school”, mereka melakukan kegiatan outing learning ini melalui penjadwalan yang cukup padat.

Baca Juga :   Saldo Rekening Bank Jatim Raib hingga Mural “Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit” Dihapus | Koran Online 13 Ags

“Kegiatan hari ini seru sekali, agar tidak jenuh dengan kegiatan di pondok. Selain itu membuat pikiran menjadi fresh, sehingga ketika kembali ke pondok semakin bersemangat dalam menghafal Al-Qur’an.”Ujar salah satu peserta kelas edukasi kompos yang sekaligus penghafal Al-Qur’an 30 Juz-Muhammad Naufal.

Tak lupa, mereka juga membawa hasil pengaplikasian kompos tersebut berupa tanaman Bromelia Sp. di tiap kelompoknya. Dan mendapat kompos 1 kg untuk tiap siswanya.

Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama bagi sekolah SMP Sains Al Quran Ar-Raudloh ke Kebun Raya Purwodadi untuk melakukan edukasi. Dengan harga yang sangat terjangkau, dapat kelas edukasi dan dapat menikmati keindahan koleksi dan kesegaran udara yang dihasilkan dari tanaman-tanaman yang hampir berjumlah 11 ribu lebih spesies tanaman.

Baca Juga :   Deal! Pabrik Dilarang Buang Limbah di Sungai Wangi Desa Baujeng

“Harapannya kita dapat kembali lagi kesini untuk melakukan kelas edukasi lainnya, sehingga tidak hanya kelas 8 dan 9 yang akan mengikuti program ini. Akan segera diagendakan untuk kelas 7 maupun dapat dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya” ucap Kepala Sekolah SMP Sains Al Quran Ar-Raudloh- Pak Mukhammad As’ad S.S. (*)