Petugas Damkar Tersengat Listrik Saat Padamkan Api di Pasar Leces

316

Leces (WartaBromo.com) – Kebakaran Pasar Leces Kabupaten Probolinggo nyaris membawa korban jiwa. Seorang petugas pemadam kebakaran tumbang usai tersengat aliran listrik.

Petugas itu bernama Bambang Waluyo (37). Merupakan anggota Regu 4 Damkar Kota Probolinggo. Sekitar pukul 19.45 WIB, Bambang tersungkur. Ia terkena sengatan aliran listrik dari salah satu bedak yang saat itu masih menyala.

Bambang lantas menjelaskan peristiwa yang hampir merenggut nyawanya itu. Ia menyebut saat itu, mayoritas listrik yang ada di bedak pasar sudah mati alias padam. Namun, ada 1 bedak yang lampunya masih menyala.

“Saat melakukan pemadaman, teman saya terkena jaringan listrik dan kesetrum, lantaran berdempetan dengan saya, alirannya langsung ke saya. Beruntung ada rekan lainnya yang mengetahui dan menarik saya,” tutur Bambang.

Baca Juga :   Korupsi ADD, Eks Kades Sekarkare Masuk Bui

Dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siska Perbapo) Jatim, Pasar Leces memiliki luas 20.938 meter persegi. Pasar uang terletak di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces itu, menampung 432 pedagang. Terdiri dari 312 pedagang yang menempati bedak dan 120 pedagang yang menempati los.

Setidaknya ada 235 bedak ludes terbakar. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB. Petugas masih melakukan pembasahan hingga pukul 22.00 WIB. “Belum diketahui pasti berapa kerugian yang terjadi akibat kebakaran tersebut,” kata Kapolsek Leces, AKP Ifo Nila K.

Diwartakan sebelumnya, Pasar Leces mengalami kebakaran hebat pada Senin sore. Api disebut berasal dari bedak ikan di sisi timur ujung selatan pasar. Kencangnya hembusan angin dan kerumunan massa, membuat unit damkar kesulitan akses masuk.

Baca Juga :   Lupa Matikan Kompor, Rumah dan Kandang di Purwodadi Ludes Dilalap Api

Selain itu, sumber air yang jauh juga menjadi kendala dalam proses pemadaman api. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. (lai/saw)