Lima Jam Terbakar, Segini Jumlah Bedak Yang Hangus di Pasar Leces

119

Leces (WartaBromo.com) – Setelah berjibaku selama sekitar 5 jam, tim pemadam kebakaran akhirnya bisa taklukkan api yang membakar Pasar Leces, Kabupaten Probolinggo. Data awal, ratusan bedak pedagang hangus terbakar.

Kapolsek Leces, AKP Ifo Nila K mengatakan, api bisa dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB. “Sampai saat ini, setengah 10, kami dan tim masih lakukan pembasahan secara menyeluruh,” katanya, Senin (04/12/2023) malam.

Berdasarkan data sementara, Ifo menyebut sedikitnya 235 bedak pedagang hangus terbakar. Sejauh ini, belum diketahui pasti berapa kerugian yang terjadi akibat kebakaran tersebut.

Lasmiati, salah satu pemilik bedak mengatakan, saat terbakar itu, banyak bedak milik tetangganya hangus.

“Bukan hanya barangnya, tetapi ada yang simpan uang disitu juga. Ada yang mengaku uangnya 10 juta hangus juga tadi, punya haji Ahmad,” ujarnya.

Baca Juga :   Anarkis, Kapolres Probolinggo Sebut Pendemo Tak Dewasa

Besarnya kobaran api, bahkan nyaris meluas ke pemukiman penduduk. Pasar Leces, sudah beberapa kali mengalami kebakaran.

Sekitar tahun 2000-an silam, pasar ini juga hangus terbakar. Sebelum akhirnya dipindahkan ke dalam. Sekitar 100 meter dari jalan nasional Probolinggo – Lumajang.

Diwartakan sebelumnya, Pasar Leces mengalami kebakaran hebat pada Senin sore. Api disebut berasal dari bedak ikan di sisi timur ujung selatan pasar. Kencangnya hembusan angin dan kerumunan massa, membuat unit damkar kesulitan akses masuk.

Selain itu, sumber air yang jauh juga menjadi kendala dalam proses pemadaman api. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. (lai/saw)