Kunjungi Kota Pasuruan, Komisi X DPR RI Dukung Pengembangan Wisata Religi Terpadu

123

Pasuruan (WartaBromo.com) – Komisi X DPR RI mengunjungi Kota Pasuruan. Komisi X mendukung pengembangan wisata religi terpadu.

Rombongan Komisi X DPR RI mengunjungi beberapa titik di Kota Pasuruan pada Rabu (06/12/2023) yakni kawasan alun-alun, bakal kawasan Taman Tematik Krampyangan, tiga sekolah, dan satu universitas.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf mengatakan, destinasi wisata, khususnya wisata religi di pulau Jawa cukup banyak. Bahkan kunjungan ke wisata religi tersebut, dalam setahun bisa mencapai jutaan orang.

Namun begitu kawasan wisata religi biasanya sangat terbatas, sementara potensi yang dimiliki sangat besar. Salah satunya seperti Kota Pasuruan dengan Kota Madinah-nya.

“Kami sangat mendukung karena jarang ada yang mendorong kota itu menjadi wisata religi, saya pikir ini bisa bagus,” ujar Dede.

Selain itu, Kota Pasuruan juga memiliki potensi kawasan heritage. Kawasan heritage ini, kata Dede, sebaiknya tidak melulu menawarkan estetika bangunan tua, melainkan ada konsep wisata heritage yang jelas.

Menurut Dede, selain estetika bangunan tua dan bersejarah, sebuah kawasan heritage juga memerlukan amenitas seperti spot kuliner UMKM, produk lokal, restoran, penginapan, hingga atraksi.

“Potensi yang ada ini perlu didukung, tentu secara pembiayaan. Kami sepakat ide-ide brilian ini didukung pemerintah pusat. Nanti tinggal bagaimana menjadi sebuah blueprint. Daerah-daerah yang punya ide-ide besar, perlu support dari pusat,” imbuh Dede. (tof/asd)