“MEKARSARI” PLN Indonesia Power Grati PGU Kembangkan Program Pemberdayaan Masyarakat

192
Senior Manager PLN IP Grati PGU, Dani Esa Windiarto (dua dari kiri) berkoordinasi dan bersinergi dengan kelompok binaan

Pasuruan (WartaBromo.com) – PT PLN Indonesia Power (PLN IP) Grati PGU terus berupaya dalam mengembangkan program pemberdayaan masyarakat sekitar. Melalui program CSR-nya, PLN IP Grati PGU melakukan program inovasi sosial MEKARSARI (Model Berkelanjutan Berbasis Pengelolaan Sampah dan Pemberdayaan Ranu Grati).

Program inovasi ini melibatkan program-program CSR yang sudah dilakukan. Di antaranya rumah kompos power green, bank sampah sektor desa, rumah maggot, ranu lestari dan stunting center dalam mengelola sampah rumah tangga dan kelestarian danau di Desa Ranuklindungan.

Program Inovasi Sosial MEKARSARI ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Kecamatan Grati. Program ini sekaligus sebagai model keberlanjutan berbasis pengelolaan sampah dan pemberdayaan di wilayah Grati Kabupaten Pasuruan. Dimana sebelumnya belum ada pengelolaan sampah secara terpadu dan pemberdayaan Ranu Grati.

Baca Juga :   PLN Indonesia Power Grati PGU Terima Sertifikat Penghargaan PROPER Emas

Dengan inovasi sosial ini mendorong warga untuk memilah sampah, menyetorkan sampah ke pengelola sesuai dengan jenisnya serta mengubah perilaku pembudidaya ke arah berbudidaya ramah lingkungan.

Sebelumnya anggota kelompok kurang peduli dengan endapan pelet dari kegiatan memberi makan di keramba ikan. Tetapi kini anggota kelompok menerapkan sistem budidaya tumpang sari dan campur sari untuk meminimalkan endapan pelet.

Pengembangan budidaya maggot sebagai campuran pelet pakan ikan

Hal yang menarik program CSR PT PLN IP Grati PGU Mekarsari pada umumnya berupa pengelolaan sampah yang dilakukan oleh masyarakat berfokus pada sampah non organic atau hanya mengelola sampah non organic di suatu wilayah. Tetapi inovasi sosial ini berfokus pada sampah organik warga dengan tanpa melupakan pengelolaan sampah non organik. Sehingga menjadi pengelolaan sampah yang terpadu di Desa Ranuklindungan.

Baca Juga :   PT Indonesia Power UPJP Perak Grati Berikan Santunan Bagi Anak Yatim dan Dhuafa

Lebih lanjut dari pengelolaan sampah organik produk dan bahannya bisa dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan pelet, yaitu maggot dan cangkang kerang.

Sejalan dengan visi CSR PT PLN Indonesia Power Grati PGU, yaitu “Mewujudkan masyarakat di sekitar PT PLN Indonesia Power Grati yang berdaya, mandiri, sejahtera dan peduli pada lingkungan.” Program Mekarsari memiliki manfaat yang besar dalam pengembangan masyarakat. Apa saja itu?

1. Meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan.
2. Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah lingkungan.
3. Mendukung pengembangan infrastruktur UMKM.
4. Menguatkan kelembagaan UMKM dan manajemen pengembangan kelembagaan.
5. Meningkatkan kesempatan kerja dan berwirausaha bagi masyarakat.

Budidaya Ikan dengan sistem Tumpang sari dan campur sari

Dani Esa Windiarto selaku Senior Manager PT PLN Indonesia Power Grati PGU beharap program CSR PLN IP Grati PGU ini dapat terus sustain dalam memberikan nilai manfaat bagi Masyarakat sekitar sehingga mampu meningkatkan perekonomian. “PLN IP Grati PGU berkomitmen dengan program Mekarsari untuk pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :   Damkar Milik PT Indonesia Power Grati POMU Dikerahkan Bantu Kebakaran Pasar Nguling

Dengan mengedepankan semangat menjaga kelestarian lingkungan sekaligus kemandirian masyarakat untuk lebih sejahtera. Komitmen dari hati, menjaga alam lingkungan dan masyarakat berdaya, itulah tujuan Program Mekarsari diprakarsai PLN IP Grati” imbuhnya. (day/*)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.