Warga Probolinggo Tak Perlu Rujuk ke Luar Daerah, Bedah Saraf Cukup di RSUD Waluyo Jati Kraksaan

160

Kraksaan (WartaBromo.com) – RSUD Waluyo Jati Kraksaan kini layanan baru, yakni pelayanan bedah saraf. Warga Kabupaten Probolinggo tidak perlu lagi melakukan rujukan ke luar daerah untuk operasi serius ini.

Operasi bedah saraf perdana di RSUD Waluyo Jati dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2024 terhadap seorang anak berusia 6 tahun. Dimana anak tersebut jatuh dari sepeda dengan pendarahan otak luas.

Dengan bantuan alat CT Scan, tim dokter spesialis saraf berhasil sukses menjalankan operasi perdana ini. Keberadaan layanan bedah saraf di rumah sakit ini memungkinkan penanganan yang lebih cepat tanpa perlu merujuk pasien ke rumah sakit lain.

“Operasi bedah kepala atau bedah saraf yang dilaksanakan karena ada kasus pendarahan otak. Alhamdulillah pembiayaan full dijaminkan BPJS,” sebut Plt Direktur RSUD Waluyo Jati Kraksaan, dr. Hariawan Dwi Tamtomo.

Baca Juga :   Penyerang Karyawan Pabrik Garmen Dibekuk

Ia menyatakan dengan suksesnya operasi itu, kini bedah saraf bagi warga Kabupaten Probolinggo dapat dilakukan di RSUD tersebut. Sebelumnya, pasien biasanya dirujuk ke rumah sakit di Surabaya, Malang, atau Jember, karena kurangnya fasilitas.

Hariawan menjelaskan pemeriksaan dengan alat CT Scan sangat penting untuk operasi bedah saraf. Dengan alat ini, lokasi dan tipe pendarahan otak dapat diidentifikasi dengan jelas. Memungkinkan dokter ahli bedah saraf untuk melakukan tindakan yang lebih tepat dan akurat.

“Dokter spesialis bedah saraf bisa melaksanakan operasi atau tindakan yang lebih tepat dan akurat. Lokasi pembedahannya dimana dan peralatan yang dibutuhkan apa itu sudah dipersiapkan semuanya,” terangnya.

RSUD Waluyo Jati Kraksaan, sebagai rumah sakit kelas B, mendapatkan manfaat strategis dari alat canggih ini. Terutama pada kasus-kasus yang emergency. Keterlambatan penanganan mempengaruhi keselamatan nyawa dari pasiennya, juga proses kesembuhannya,” tandasnya.

Baca Juga :   Pria di Panggungrejo Ditemukan Tewas hingga 69 Persen Warganet Pakai Calo untuk Urus SIM  | Koran Online 16 Ags

Alat CT Scan ini, tidak hanya diperlukan untuk bedah saraf, tetapi juga untuk pelayanan jantung, paru-paru, Covid-19, gangguan pencernaan, dan kasus stroke. Pemeriksaan dengan alat ini memastikan diagnosa yang tepat, rencana tindakan yang cepat, dan tingkat kesembuhan yang tinggi. (saw)