Sinergi Keamanan dan Investasi: Kapolda Jatim Resmikan Command Center Meteor di Probolinggo

131

Probolinggo (WartaBromo.com) – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Imam Sugianto, meresmikan gedung Command Center Meteor di Kantor Dinas Satpol PP Kota Probolinggo pada Senin siang (29/1/2024).

Gedung ini bertujuan menjadi pusat sistem keamanan terpadu di Kota Probolinggo. Mengintegrasikan layanan informasi, pemantauan, pengaduan, dan respon cepat terhadap laporan masyarakat.

Personel Satpol PP dan Damkar, BPBD, TNI, dan Polri siap siaga 24 jam di Command Center Meteor, mendukung keamanan dan respons terhadap berbagai situasi.

Kapolda Jatim memberikan apresiasi kepada program Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, yang menyatukan berbagai unsur keamanan dan layanan sosial dalam satu wadah, di bawah sistem keamanan terpadu.

Baca Juga :   Pemkot Probolinggo Bebas-tugaskan 2 Pejabat untuk Permudah Pemeriksaan

“Gedung Meteor baru saja diresmikan, dengan beberapa posko kesiapsiagaan terhadap laporan masyarakat, baik itu bencana, gangguan masyarakat, atau lainnya. Dari sini, kami memonitor 24 jam terhadap gangguan dan kejadian di Kota Probolinggo,” ungkap Kapolda Jatim.

Irjen Pol. Imam Sugianto menyoroti dampak positif dari kemudahan layanan keamanan dan sosial ini terhadap kualitas pembangunan dan penguatan ekonomi di Kota Probolinggo. Menurutnya, keamanan yang terjamin akan menjadi prasyarat penting untuk menarik investor.

“Investor akan merasa nyaman dan tenang untuk menanamkan modalnya jika Kota Probolinggo aman,” tandas mantan Kapolda Kaltim tersebut.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi, menekankan perlunya sinergitas dari berbagai instansi dan institusi untuk menciptakan kota yang aman dan nyaman.

Baca Juga :   Sore Ini Gerhana Bulan Total, Apakah Warga Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang Bisa Mengamati?

“Gedung Meteor bukan hanya simbol, melainkan harapan warga akan layanan yang komprehensif. Keamanan yang dicari oleh investor akan mendorong pertumbuhan investasi di Kota Probolinggo,” jelas Hadi.

Selain peresmian Command Center Meteor, Kapolda Jatim juga meresmikan gedung Polsubsektor Kedopok yang baru selesai dibangun. Gedung ini dibangun di lahan seluas 750 meter persegi di Jalan Serayu, Kelurahan Jrebeng Kulon.

Dengan target konversi status, dua Polsubsektor Kedopok dan Kanigaran diharapkan menjadi Polsek paling lambat tahun 2025, sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keamanan di wilayah tersebut. (adv)