Catat! Ini 3 Makanan Instan yang Bahaya Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Jangka Panjang

69

Pasuruan (WartaBromo.com) – Generasi Z saat ini lebih menyukai mengkonsumsi makanan instan karena dianggap lebih simpel dan mempersingkat waktu. Namun, ada beberapa makanan instan yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Meskipun menghemat waktu, jika dikonsumsi terlalu sering atau jangka panjang hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, dilansir dari halodoc.com, makanan instan mengandung sedikit gizi dan serat.

Nah, makanan instan apa saja yang bahaya dikonsumsi jangka panjang? Ini dia!

1. Daging Olahan

Makanan instan yang tidak baik untuk kesehatan adalah daging olahan seperti sosis, nugget, atau daging. Konsumsi daging olahan sebaiknya dibatasi karena berisiko menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ini dikarenakan jenis makanan daging olahan telah melalui berbagai proses pengolahan yang mengurangi kandungan gizinya. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi daging olahan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, dan kanker.

2. Saus Kemasan

Makanan instan berikutnya yang tidak baik untuk kesehatan adalah saus kemasan yang sering digunakan untuk memberi rasa tambahan pada makanan. Meskipun saus kemasan mungkin tidak terlalu berbahaya, penggunaannya secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh United States Department of Agriculture, saus kemasan mengandung dua gram gula, yang membuat kandungan bahan lain seperti cabai atau tomat menjadi kalah oleh kandungan gula dan garam di dalamnya.

3. Mie Instan

Mie instan digemari semua kalangan, mulai anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Mie instan dianggap makanan alternatif ketika malas memasak atau membeli makan di luar rumah.

Ada banyak jenis mie instan yang beredar di pasaran. Mie instan merupakan satu di antara jenis makanan instan yang tak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. (jun)