Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Gebyar Hari Jadi Kota Pasuruan ke-338

6

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan selalu memiliki cara untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan. Salah satunya dengan menghadirkan pergelaran wayang kulit di malam Gebyar Hari Jadi Kota Pasuruan ke-338, pada Selasa (27/02/2024).

Bertempat di GOR Untung Suropati, masyarakat Kota Pasuruan tumpah ruah menyaksikan gelaran wayang kulit ini. Termasuk Wali Kota Pasuruan dan para jajarannya, terlihat menikmati gelaran seni ini.

Saifullah Yusuf,  dalam sambutannya saat membuka acara ini menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit merupakan media bersilaturahmi. Serta, sekaligus menjadi pentas seni warisan leluhur yang menjadi bagian penting dari sejarah bangsa Indonesia.

“Malam ini merupakan kebahagiaan kita semua dapat berkumpul dalam puncak Hari Jadi Kota Pasuruan ke-338. Bersama-sama kita menyaksikan pertunjukan wayang yang didalamnya terdapat suatu tuntunan dan tontonan,” ujar Gus Ipul.

Tak hanya wayang kulit, adapun yang menjadi spesial di malam ini adalah gelaran ini dilengkapi dengan kehadiran sinden muda, Niken Salindry. Kehadirannya sebagai bintang tamu diharapkan menjadi menjadi pemantik minat masyarakat Kota Pasuruan khususnya anak-anak muda.

“Dalang dan sinden yang usianya masih sangat muda dan bertalenta ini adalah contoh seniman di dunia wayang yang mampu meningkatkan minat masyarakat terutama para gen z dan kaum milenial terhadap warisan bangsa,” terang Gus Ipul.

Dengan mengusung tema “Gandeng Tangan Wujudkan Kota Pasuruan Bersih, Tertib, dan Guyub Rukun” serta membawa visi misi Pasuruan Kota Madinah, dalam momentum puncak perayaan Hari Jadi Kota Pasuruan ke-338, Gus Ipul mengajak seluruh masyarakat untuk bahu-membahu mewujudkan kemajuan Kota Pasuruan.

“Saya mengajak gandeng tangan sebagai modal optimisme kita. Mari kita biasakan hidup bersih dan setiap orang bisa berkontribusi menciptakan kebersihan dan ketertiban dimanapun kita berada,” ungkapnya.

Mengingat, tepat di usianya ke-338, wajah Kota Pasuruan pun telah mengalami banyak perubahan yang luar biasa. Gus Ipul meminta agar semua hal yang baik dapat dipertahankan dan hal yang belum baik agar di perbaiki.

“Saya ingin apa yang baik untuk diteruskan,  sementara yang kurang baik untuk diperbaiki. Tahun 2024 menjadi tahun penyempurnaan atas apa yang mampu kita lakukan selama 3 tahun ini,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Kota Pasuruan. Hadir pula segenap jajaran Forokopimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, dan tamu undangan lainnya. (jun/**)