Hampir 150 Ribu Anak Probolinggo Berhasil Divaksin Polio

8

Probolinggo (WartaBromo.com) – Selama periode 19 hingga 29 Februari 2024, Kabupaten Probolinggo menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran kedua. Sebanyak 148.416 anak usia 0-7 tahun berhasil divaksin polio, mencakup 99,01% dari total sasaran yang mencapai 149.894 anak.

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, Rita Erik Ugas Irwanto, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini, yang telah melampaui target yang ditetapkan, yaitu lebih dari 95%.

Rita Erik mengakui bahwa kesuksesan ini tidak terwujud tanpa dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk tim puskesmas, para guru di PAUD, TK, dan SD, Tim Penggerak PKK, kader, serta berbagai perangkat daerah dan Forkopimka.

Baca Juga :   Warga Kanigaran Tewas di Dasar Sungai

Dia berharap bahwa pencapaian ini akan membawa dampak positif bagi kesehatan dan kebahagiaan anak-anak di Kabupaten Probolinggo di masa depan.

“Memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi individu yang berkualitas,” ujar istri Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto itu, Jumat (1/3/2024).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, menjelaskan bahwa untuk meningkatkan cakupan imunisasi polio, Pemkab Probolinggo menerapkan strategi BUS PATAS, yang berfokus pada sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam eradikasi polio.

Berbagai organisasi perempuan, termasuk TP PKK, Fatayat NU, Muslimat NU, Aisiyah, Persit, Bhayangkari, dan lainnya, memainkan peran penting dalam upaya ini.

“Promosi kesehatan juga menjadi bagian penting dari strategi ini, dengan penekanan pada fakta bahwa polio dapat dicegah melalui imunisasi,” ucap ia.

Baca Juga :   Pengobatan Balita Cerebral Palsy Ditanggung Pemkot Probolinggo

Dukungan dan komitmen dari berbagai pihak, termasuk perangkat daerah, camat, kepala puskesmas, kepala desa/lurah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, sangat berperan dalam meningkatkan cakupan imunisasi polio di Kabupaten Probolinggo.

Komitmen dan dukungan dari Forkopimda, Pj. Bupati, dan Pj. Sekda juga menjadi faktor penting dalam memandu dan menyemangati seluruh petugas imunisasi polio tahun 2024. (saw)