Buka Bersama Pelaku UMKM, Mas Dion: Perlu Showroom UMKM di Tiap Kecamatan

53
Buka Bersama Pelaku UMKM, Mas Dion: Perlu Showroom UMKM di Tiap Kecamatan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasuruan mencapai puluhan ribu. Banyaknya UMKM yang banyak ini memerlukan fasilitas di tingkat kecamatan.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, dalam acara diskusi Bolo Dewan Menyapa yang digelar WartaBromo berjudul “Usaha Cerdas, UMKM Berkelas” di komplek DAM Pleret 1904, Kecamatan Pohjentrek, Minggu (31/03/2024).

Dion–sapaan akrabnya–mengungkapkan, jumlah UMKM di Kabupaten Pasuruan tercatat mencapai 25.000. Tentu dengan jumlah tersebut, ada berbagai macam produk yang dihasilkan.

Namun demikian, meski banyak produk, menurut Dion, dirinya sulit menemukan produk apa yang benar-benar khas Kabupaten Pasuruan. Apalagi jika untuk diberikan kepada teman atau kerabat luar daerah.

“Jadi menurut saya penting tiap-tiap kecamatan itu ada showroom produk UMKM yang layak jual. Buat jujukan pengunjung luar kota,” kata Dion.

Politisi PKB tersebut menambahkan, intervensi pemerintah daerah sangat diperlukan dalam pembinaan hingga fasilitasi pengembangan produk-produk UMKM yang sudah ada.

Dalam acara Bolo Dewan Menyapa kali ini, selain Sudiono Fauzan, narasumber lainnya adalah Mualif Arief sebagai Pembina Pokdarwis DAM Pleret 1904 dan Arianto Nugroho, pemilik Kupu Sutra. (tof/**)