Klepon Pasuruan, Magnet Wisata Kuliner di Jalur Pantura saat Lebaran

45

Pasuruan (WartaBromo.com) – Klepon, salah satu oleh-oleh khas Pasuruan, terus memikat selera wisatawan dengan keunikan rasanya yang lezat.

Kue tradisional ini, terbuat dari bahan-bahan sederhana namun menghasilkan cita rasa yang istimewa. Telah menjadi daya tarik budaya dan kuliner masyarakat Jawa Timur.

Klepon, yang merupakan bola-bola kecil berwarna hijau, terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula merah.

Proses pembuatannya yang rumit membutuhkan ketelitian, agar klepon memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang pas.

Dilumuri dengan parutan kelapa, klepon ini memikat hati banyak pengunjung yang datang ke Pasuruan.

Sentra penjualan klepon terletak di Jalur Pantura, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Klepon dijual dengan harga Rp5000 ribu-Rp7000 ribu, sesuai dengan ukuran dan varian yang ada.

Baca Juga :   Razia Balap Liar hingga PMK Masih Mewabah | Koran Online 12 Apr

“Saya kan silahturahmi ke Pasuruan, mesti mampir kesini, kangen klepon, rasanya soalnya beda sama yang lain,” kata Khoirul, salah satu warga Kota Malang, Jawa Timur.

Para pedagang klepon di Pasuruan merasakan peningkatan permintaan saat musim liburan, terutama saat hari raya Idul Fitri.

Lapak-lapak penjual klepon di sepanjang jalan menjadi saksi, betapa diminatinya oleh-oleh ini oleh pengunjung lokal maupun wisatawan dari luar kota.

“Ramai sekali kalau lebaran gini, alhamdulillah, banyak dari beberapa kota di Jawa Timur memang mampir kesini buat oleh-oleh,” kata Wiwik Andayani, penjual kue klepon wahyu.

Selain klepon, Pasuruan juga memiliki ragam oleh-oleh lainnya yang patut dicoba, seperti jajan pasar lainnya dan makanan khas daerah.

Baca Juga :   Penemuan Mayat di Tol Purwodadi, hingga Pembakar Arjuno Diamankan | Koran Online 24 Okt

Keberagaman kuliner ini menjadikan Pasuruan sebagai destinasi kuliner yang menarik bagi para pecinta jajanan tradisional. (don/saw)