Belum Genap Setahun, Jembatan Kloposawit Bernilai Rp11 M Putus Diterjang Lahar Dingin Semeru

82
Belum Genap Setahun, Jembatan Kloposawit Bernilai Rp11 M Putus Diterjang Lahar Dingin Semeru
Jembatan Kloposawit, (Dok. Desa Kloposawit/Kominfo Lumajang).

Candipuro (WartaBromo.com) – Jembatan Kloposawit di Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro putus diterjang banjir lahar dingin Semeru pada Kamis (18/4/2024). Padahal belum genap satu tahun diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Saat ini, situasi banjir malam ini telah menyebabkan jembatan lintas di desa kami putus dan tidak dapat dilewati lagi. Kami mohon perhatian masyarakat untuk mencari jalur alternatif,” kata Hariyandi, Kepala Dusun Pancut, Desa Kloposawit dilansir dari situs resmi Pemkab Lumajang.

Hariyandi menambahkan, meski jembatan ini masih terlihat utuh, namun tidak dapat dilalui. Sebab, ada beberapa kerusakan pada beberapa sisinya.

Sekadar diketahui, Jembatan Kloposawit juga terputus saat banjir lahar dingin pada Juli 2023 lalu. Kemudian pemprov Jawa Timur melakukan penggantian ulang yang diresmikan pada September 2023 oleh Khofifah. 

Baca Juga :   Tertimpa Pohon Tumbang, Sejumlah Warga Lumajang Dilaporkan Terluka

Jembatan ini mengambil konsep konstruksi Bailey dengan rangka baja yang diperkirakan memiliki daya tahan hingga 50 tahun. Panjangnya 29 meter dengan lebar 5,1 meter. Alokasi anggarannya sebesar Rp11 miliar. Namun kembali putus setelah terjangan banjir lahar dingin Semeru. (may/asd)