Krisis Air Bersih Masih Menghantui Desa Wangkal

44

Gading (WartaBromo.com) – Krisis air bersih masih berlanjut di Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo terus berupaya menangani situasi tersebut dengan mendistribusikan air bersih kepada ratusan kepala keluarga (KK).

“Dulu seminggu kami kesulitan air, berlanjut sekarang dalam empat hari terakhir juga kesulitan air bersih. Ya terpaksa ke sungai untuk mencuci, kalau minum ya beli air kemasan,” tutur Muhamad, warga Dusun Krajan pada Senin (13/5/2024).

Permintaan pengiriman air bersih dilakukan setelah pemerintah desa dan kecamatan setempat, melaporkan ke BPBD. Pengecekan langsung Tim Reaksi Cepat Peduli Bencana (TRC PB) bersama dengan agen Peduli Bencana (PB) Jatim di lokasi yang dilaporkan.

Baca Juga :   Pria di Panggungrejo Ditemukan Tewas hingga 69 Persen Warganet Pakai Calo untuk Urus SIM  | Koran Online 16 Ags

Menurut Agen PB Jatim, Hayat, penyebab gangguan air bersih adalah mengecilnya sumber mata air, yang menghambat aliran air ke warga sekitar. Berdampak terhadap 188 kepala keluarga di Dusun Krajan.

Truk tangki berkapasitas 6.000 liter air bersih telah didistribusikan ke rumah-rumah warga. Air yang sudah didistribusikan dapat digunakan untuk kebutuhan konsumsi, memasak, dan keperluan lainnya.

“Jika krisis air bersih masih berlanjut, koordinasi lebih lanjut akan dilakukan dengan pemerintah desa dan kecamatan setempat,” tegas Hayat.

Sebelumnya, petugas juga telah mendistribusikan 12.000 liter air bersih ke Desa Wangkal, Kecamatan Gading pada Senin (22/4) malam. Distribusi ini dilakukan karena gangguan pada pipanisasi air, yang mengakibatkan kesulitan air bersih bagi warga. (aly/saw)