Hari Kedua Banjir Rob di Pasuruan Makin Tinggi, Warga : Sudah 24 Tahun Seperti Ini

386

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banjir rob di wilayah pesisir Pantura Pasuruan memasuki hari kedua. Akibatnya, banyak warga mengeluh aktivitasnya terganggu.

Pantauan di lokasi, Jumat (7/6/2024) pagi, warga di Jalan Martadinata, Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan sudah kebanjiran sejak pukul 08.30. Beberapa aktivitas warga pun terganggu.

Muhammad Irfan, salah satu warga yang rumahnya kebanjiran itu mengatakan, air rob masuk rumahnya itu sudah menjadi langganan setiap bulannya.

“Dalam sebulan saya kebanjiran biasanya 2 kali, kadang 1 kali,” kata Irfan.

Kondisi itu pun sudah ia rasakan selama 20 tahun lebih. Paling tinggi, air masuk ke dalam rumahnya yakni 30 sentimeter. “Sudah lama, 24 tahun saya kaya gini,” ujarnya.

Ia pun hanya pasrah dan akan tetap membersihkan sisa genangan air rob yang sudah masuk ke dalam rumahnya. “Mau gimana lagi, sudah langganan banjir dekat laut,” paparnya.

Hal serupa juga diungkap oleh Aminah, warga lain pemilik warung di kawasan pelabuhan menuturkan, banjir mengganggu aktivitasnya berjualan nasi.

“Ini lebih tinggi dari kemarin, sangat mengganggu, lah orang mau kesini gimana banjir,” pungkas Aminah yang sudah berjalan sejak tahun 2020 lalu.

Sementara itu, Anggota Polairud Pasuruan Kota Aipda Laswanto mengatakan, banjir di wilayah Kabupaten Pasuruan juga lebih tinggi dari banjir sehari sebelumnya.

Selain di Kota Pasuruan, banjir juga terpantau di Desa Kalirejo, Desa Semare, Kecamatan Kraton; serta Desa Wates dan Desa Semedusari, Kecamatan Lekok.

“Di wilayah Nguling juga ada yang banjir. Memang lebih tinggi dari kemarin,” jelasnya.

Diketahui, banjir rob terjadi di Pasuruan pada Kamis (6/6/2024) mencapai 20-30 sentimeter. Air laut mulai memasuki permukiman warga dan menggenangi beberapa rumah.

Pihaknya memperkirakan banjir rob akan terjadi hingga 8 Juni 2024. Ia pun mengimbau warga untuk tetap waspada dan mengikuti informasi terbaru dari petugas. (don/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.