Tips Memilih Hewan Kurban Agar Mendapatkan yang Sehat dan Berkualitas

43

Pasuruan (WartaBromo.com) – Memilih hewan kurban memerlukan perhatian khusus agar sesuai dengan syariat Islam dan menghasilkan daging yang berkualitas baik. Untuk itu, Bolo harus memahami tips memilih hewan kurban sesuai syariat agama.

Dilansir dari nu.or.id, aturan Islam mengena anjuran berkurban tertulis dalam Al-Qur’an Q.s Al-hajj, sebagaimana berikut:

“Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya.” (Q.s Al-hajj 34-35).

Nah, berikut tips memilih hewan kurban:

1. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Ada beberapa ciri hewan sehat yang perlu diperhatikan sebelum memilih hewan kurban, antara lain:

  • Postur tubuh tegap dan posisi kaki menapak sempurna pada tanah.
  • Kuku mengkilap secara alami, tidak pecah, dan tidak ada masalah pada pangkal kuku, yaitu area perbatasan antara kulit dan kuku.

2. Nafsu Makan Normal

Nafsu makan yang baik adalah tanda penting kesehatan hewan kurban. Hewan yang sehat biasanya memiliki nafsu makan normal dan mampu mengonsumsi pakan dengan baik. Perhatikan apakah hewan kurban tertarik pada makanan yang diberikan dan makan dengan lahap.

3. Perhatikan Kotoran Hewan Kurban

Sebelum memutuskan untuk membeli, calon pembeli sebaiknya memperhatikan kotoran hewan kurban yang dijual. Menurut dokter hewan, kotoran dari hewan yang sehat memiliki tekstur yang tidak lembek atau cair dan tidak kering. Ketika jatuh ke permukaan tanah, bentuk dan teksturnya tidak akan berubah. (jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.