Bupati Pastikan Stok Darah di Kabupaten Pasuruan Aman

1216

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf pastikan stok darah di Kabupaten Pasuruan mencukupi. Bahkan bisa dibilang stok darah melebihi kebutuhan rutin tiap bulan.

“Stok darah di Kabupaten Pasuruan aman, bahkan surplus,” jelas Gus Irsyad –sapaan akrabnya- saat menghadiri kegiatan donor darah yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan, Rabu (19/02/2020).

Wiwik Winarningsih, Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pasuruan kemudian mengungkapkan, kebutuhan darah di Kabupaten Pasuruan selalu surplus.

“Kita setiap bulan butuh 900-1.000 bag darah. Belum pernah kekurangan. Bahkan surplus,” jelasnya.

Wiwik menambahkan, amannya stok darah karena PMI memiliki pendonor rutin. Di antaranya dari lembaga, perusahaan bahkan universitas di Pasuruan.

Baca Juga :   "Pabrik" Penyebab Kali Berbusa Tak Miliki IPAL

“Kebutuhan darah di Pasuruan tercukupi dengan adanya pendonor rutin. Bahkan lebih. Kita mengatur supaya darahnya tidak mubadzir. Kita atur jadwalnya supaya darah yang diambil bisa digunakan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, per hari ini, stok darah yang tersedia di PMI Pasuruan yakni golongan darah A sebanyak 90 bag. Lalu goldar B ada 49 kantong darah. Sementara golongan darah O berjumlah 137 kantong. Terakhir golongan darah AB berjumlah 22 kantong.

Stok darah ini terdiri dari darah segar, PRC dan trombosit. Data pun terupdate setiap hari database PMI. (may/ono)