Ribuan Jemaah Antarkan Habib Hasan Assegaf ke Pemakaman

45283

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ribuan jemaah memadati prosesi pemakaman Habib Hasan Assegaf di kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan, Minggu (27/12/2020).

Dalam video yang diperoleh WartaBromo, tampak sekitar ribuan jemaah dengan pakaian putih, sarung, dan kopiah putih memadati Masjid Agung Al Anwar, Kota Pasuruan.

Sebagian jamaah yang lain bahkan rela berdesak-desakan untuk bisa masuk ke Masjid Agung Al Anwar. Bahkan karena desak-desakan yang parah, sebagian jemaah terjatuh menimpa pagar hingga rusak.

Salah satu anggota keluarga besar Habib Hasan, Abu Bakar mengungkapkan, membludaknya jemaah yang hadir dalam pemakaman Habib Hasan di luar prediksinya.

Menurut pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Pasuruan ini, Habib Hasan merupakan sosok ulama yang sederhana dan dicintai banyak kelompok masyarakat.

Baca Juga :   Keluarga Habib Hasan Assegaf dan Pengurus Masjid Dirapid, Semuanya Non Reaktif

“Beliau ini diundang ke mana saja selalu hadir, sehingga dicintai banyak masyarakat,” katanya kepada WartaBromo, Minggu (27/12/2020).

Peristiwa tadi pagi, menurut Abu Bakar, adalah murni animo masyarakat terhadap sosok Habib Hasan, bukan undangan dari pihak keluarga besar. Ia menambahkan, pihaknya juga sudah menyarankan agar menerapkan protokol kesehatan.

“Momen itu memang kearifan lokal yang tidak bisa dihindari. Semua prokes sudah dilalui. Tapi ledakan masyarakat yang tak bisa dibendung mau apalagi. Karena itu dorongan dari masyarakat,” imbuh politisi PDI Perjuangan tersebut. (tof/asd)