Natal Dan Tahun Baru, TSI II Dikado Kelahiran Hewan Langka

651

Pandaan (WartaBromo)– Sebuah Kado istimewa didapatkan oleh Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan Jawa timur atas kelahiran tiga hewan sekaligus yakni Beruang coklat, Zebra dan Bekantan.

Moment libur natal dan tahun baru ini, ketiga anak hewan tersebut sudah bisa di lihat secara langsung oleh para pengujung Taman Safari Indonesia II.

Beruang coklat atau Ursus arctos yang merupakan hewan langka asal Amerika melahirkan anaknya sebanyak tiga ekor sekaligus, dari hasil perkawinana indukan betina bernama Joy serta pejantan bernama Chiko. Ketiga anak beruang tersebut dilahirkan secara normal pada pertengahan juli lalu.

Sementara itu, pada pertengahan oktober lalu, Seekor Zebra jenis Chapman’s ( Eqquus Quagga Chapmani ) juga melahirkan satu ekor anak hasil perkawinan induk betina berjuluk Sakti dan indukan jantan, Anton. Koleksi hewan Zebra di Taman Safari Indonesia II sendiri, saat ini ada dua jenis yakni Gran’t Zebra dan Champman’s Zebra.

Penambahan koleksi Hewan langka Taman Safari di akhir tahun ini juga terjadi pada Bekantan. Hewan yang biasa dikenal dengan istilah Monyet Belanda dan kini dijadikan maskot (fauna identitas) propinsi kalimantan tersebut bertambah jumlah populasinya dengan kelahiran tiga bayi bekantan dari tiga indukan yang berbeda. Ketiga bayi bekantan tersebut oleh sang keeper diberi nama Dion, Octavianus dan Dian.

Menurut Drh. Ivan Candra, Dokter Spesialis Hewan TSI II, keberhasilan pengembangbiakan hewan-hewan langka tersebut berkat kepedulian para keeper yang telaten menjaga agar hewan tersebut tidak sakit mulai dari saat kawin, bunting hingga melahirkan.

“Pemberian vitamin yang cukup serta perhatian keeper terutama saat musim hujan menjadi faktor keberhasilan ini, “tuturnya.

Ivan menambahkan, pengamatan yang intensif oleh Para Keeper terhadap tingkah laku hewan seperti gangguan dikejar kejar oleh teman maupun pejantannya saat bunting, menjadikan hewan tersebut terhindar dari stress sehingga sangat membantu memudahkan proses kelahiran.

Dari hasil kelahiran hewan-hewan tersebut saat ini koleksi beruang coklat menjadi 8 ekor, Zebra jenis Champan menjadi 5 ekor sementara Bekantan bertambah menjadi 15 ekor. (yog/yog)