Diduga Karena Putung Rokok, Alang-alang Terbakar Buat Warga Panik

247
Panik - Warga semburat keluar dan menyelamatkan barang-barang mereka, Kamis (13/09/2012). Foto: Gesang Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Warga Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan Kamis (13/09/2012) siang geger. Hamparan alang-alang yang berada di tengah pemukiman padat terbakar dan merembet ke sebuah gudang terbuat dari kayu. Diduga kebakaran alang-alang akibat putung rokok yang dibuang sembarangan.

Api yang diduga berasal dari putung rokok dengan cepat menyebar dang menghanguskan hamparan alang-alang kering. Asap tebal membubung tinggi, udara menjadi gelap dan suasana menjadi mencekam. Warga sekitar berhamburan keluar. Sebagian dari mereka mengeluarkan barang-barang berharga dari rumah, sebagian lainnya sibuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Warga kian panik karena api menjalar ke dinding gudang kayu yang berdempetan dengan hamparan alang-alang. Beruntung dua mobil pemadam kebakaran segera datang ke lokasi dan petugas langsung menyemprotkan air. Beberapa saat kemudian, api yang membakar gudang segera bisa dipadamkan.

“Mungkin ada yang buang rokok,” kata Zainudin, salah seorang warga yang rumanya berdempetan dengan alang-alang terbakar.

Lokasi kebakaran berada di perkampungan padat, berdekatan dengan rumah dan gudang penyimpanan meubel. Panasnya kemarau membuat warga khawatir api akan merambat ke pemukiman. (fyd/fyd)