Ditertibkan, Panwaslu Ganti yang Pasang Gambar Calon

246

Pasuruan (wartabromo) – Meski baliho dan alat peraga enam pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati ditertibkan secara serentak di berbagai Kecamatan, Kamis (24/1/2013) hari ini. Namun Panwaslu Kabupaten Pasuruan bekerjasama dengan Bakesbang Linmas berencana akan menggantinya dengan memasang gambar pasangan calon secara bersama di sejumlah tempat strategis.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan, Suryono Pane saat berbincang dengan wartabromo beberapa waktu lalu.

Menurutnya, baliho dan alat peraga yang kini betebaran di berbagai tempat strategis mulai jalan raya hingga ke pelosok desa dianggap telah menyalahi ketentuan perundang-undangan yang seharusnya ditaati oleh keenam pasangan calon yakni berkampanye diluar ketentuan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Pasuruan.

“Baliho dan alat peraga tersebut sudah menyalahi aturan sehingga kita tertibkan, namun kita berencana menggantinya dengan baliho baru yang lebih pas,” ujar Suryono.

Dijelaskannya, Baliho tersebut akan dipasang di tempat-tempat strategis sebagai ganti dari diturunkannya Baliho maupun alat peraga pasangan calon.

“Kita bekerjasama dengan Bakesbanglinmas dan sekarang sudah dalam proses,” lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, araknya Baliho dan Alat Peraga yang dipasang oleh tim kampanye calon Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan paska ditetapkannya sebagai pasangan calon beserta nomer urutnya membuat gerah Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pasuruan. Mereka berencana melakukan penertiban Baliho dan alat peraga pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Pasuruan secara serentak pada tanggal 24 Januari 2013. (yog/yog)