Rukyatul Hilal PWNU Akan Dilakukan di 11 Titik Lokasi

520

images_3Surabaya (wartabromo) – Untuk menentukan jatuhnya 1 Ramadhan 1434 Hijriyah, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) berencana akan melakukan Rukyatul Hilal di 11 titik lokasi di Jawa Timur yakni Pantai Serang Blitar, Pantai Paseban Kencong Jember, Pantai Nambangan Kenjeran Surabaya, Pantai Ambet Pemekasan, Pantai Gebang Bangkalan, Tanjung Kodok Lamongan. Pantai Plengkung Banyuwangi serta Pantai Ngliyep Malang Selatan.

Kendati demikian, PWNU meyakini jika datangnya bulan suci Ramadan akan jatuh pada hari Rabu (10/7/2013) jika didasarkan pada penghitungan. Bahkan, sejumlah ahli falaq menyatakan bahwa hilal pada hari senin (8/7/2013) tidak akan nampak.

Koordinator Rukyatul Hilal PWNU Jatim, Sholeh Hayat mengatakan, jika hilal pada hari senin (8/7/20/2013) masih akan berada di bawah ufuk sehingga sulit terlihat.

Baca Juga :   Saham PT Eratex Djaja Dibuka Merah

Menurutnya, waktu ijtimak pada senin (8/7/2013) akan terjadi antara pukul 14.10 Wib hingga pukul 14.17 wib. Sehingga jarak antara waktu maghrib sekitar 4 jam, padahal syarat penampakan hilal maksimal 8 jam. Hilal (bulan) akan sulit terlihat kalaupun terlihat sangat kecil karena sekitar 0,35 derajat.

“Apapun hasil dari rukyah hilal akan kita laporkan ke PBNU sebagai bahan sidang isbat,”ujar Sholeh. (*)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.