Ratusan Peserta dari 25 Negara Ikuti Lomba Bromo Marathon

601
Bromo Marathon - Ratusan Peserta Bromo Marathon saat melewati sejumlah rute di Tosari, Pasuruan. Foto : eml
Bromo Marathon – Ratusan Peserta Bromo Marathon saat melewati sejumlah rute di Tosari, Pasuruan. Foto : eml

Tosari (wartabromo) – Sebanyak 967 peserta dari 25 negara di dunia mengikuti lomba bromo marathon di Kecamatan Tosari, Pasuruan, Minggu (1/9/2013).

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf berkesempatan untuk melepas kegiatan lomba yang digagas oleh para pemerhati pendidikan dan bertujuan untuk meningkatkan taraf pendidikan di kawasan Bromo tersebut.

“Dengan ini saya berangkatkan Bromo Marathon. Selamat bertanding untuk semuanya,”ucap Bupati Pasuruan saat melepas keberangkatan para peserta Bromo Marathon di garis start Pendopo Desa Wonokitri, Tosari

Kegiatan lomba yang tercatat sebagai kegiatan lomba terbaik di Asia versi situs CNN travel tersebut terbagi dalam tiga kelas yakni marathon, half marathon dan 10 K.

Pihak Panitia lokal sekaligus penggagas kegiatan, Dedy Kurniawan mengatakan para pemenang lomba sama sekali tidak mendapatkan penghargaan berupa uang lantaran seluruh hadiah didonasikan untuk pembangunan perpustakaan dan taman baca di kawasan bromo.

Baca Juga :   Rayakan Harlah Ke-17, PKB Pasuruan Potong Tumpeng Berwarna Hijau

“Ini murni charity event yang akan disumbangkan demi kemajuan dunia pendidikan,”ujar Dedy kepada Warta Bromo.

Dalam lomba marathon tersebut, kelas marathon menempuh jarak sekitar 42,195 km melewati Podokoyo dan dilanjutkan ke Desa Ngawu serta melewati jalur puncak gunung Pananjakan, Pasuruan. Kelas Half Marathon menempuh jarak 21.097 kilometer melewati beberapa desa di sepanjang bagian tengger kaldera dan finish di desa Wonokitri dengan hanya satu putaran.

Sementara itu, Kelas 10 K menempuh trek yang berbeda dari kelas marathon dan half marathon yakni dari Desa Wonokitri, para peserta menyusuri jalan perbukitan menuju desa kecil Podokoyo kemudian menuruni bukit menuju desa Tosari dan kembali ke Desa Wonokitri. (eml/yog)