Persediaan Darah PMI Menipis

558

Pasuruan (wartabromo) – Persediaan darah yang ada di PMI Kabupaten Pasuruan menipis. PMI menjemput bola dengan mengadakan berbagai donor ke instansi dan perusahaan.

“Kita selalu jemput bola untuk mengadakan donor darah di perusahaan setiap 3 bulan sekali, maupun pendonor yang datang langsung ke PMI Kabupaten Pasuruan,” kata Ruli Purwandari, Bagian Teknis PMI Kabupaten Pasuruan, Kamis (12/9/2013).

Stok darah PMI sebanyak 180 kantong. Terdiri dari golongan darah A sebayak 41 kantong, golongan darah B sebanyak 60 kantong, golongan darah O sebanyak 57 kantong dan golongan darah AB sebanyak 22 kantong.

Jumlah ini sangat sedikit dibandingkan kebutuhan darah per bulan yang mencapai 400 sampai 500 kantong darah.

Selain ke perusahaan, PMI Kabupaten Pasuruan juga gencar menurunkan mobile unit (MU) untuk melakukan kegiatan donor darah massal sukarela. Cara seperti itu selama ini paling efektif.

“Kami jauh-jauh hari menurunkan tim mobile unit untuk menggalakkan donor darah ke berbagai instansi secara massal. Jika tidak dilakukan seperti ini dikawatirkan stok darah akan menipis,” papar perempuan berjilbab tersebut. (eml/fyd)