Ratusan Dusun di Probolinggo Tak Tersentuh Listrik

745
ilustrasi
ilustrasi

Probolinggo (wartabromo) – Sebanyak 245 dusun di Kabupaten Probolinggo masih gelap gulita alias belum teraliri aliran listrik. Bahkan dua dusun di Kecamatan Paiton yang dekat dengan PLTU Paiton mengalami nasib serupa.

“Letak geografisnya yang tidak memungkinkan serta anggaran yang kurang memadai membuat dusun-dusun itu menjadi gelap,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Kabupaten Probolinggo, Rahmad Waluyo, Senin (28/10/2013).

Menurutnya, Pemkab Probolinggo sebenarnya telah menganggarkan anggaran melalui dana APBD 2013 untuk menuntaskan permasalahan tersebut yakni melalui listrik desa (lisdes).

“Pemkab menganggarkan sebesar 3 Miliar untuk lisdes di tiga desa di Kecamatan Sukapura yakni, Sariwani, Kedasih, dan Sapikerep” ujar Rahmad.

Persoalan listrik desa tersebut sudah mendapatkan perhatian dari berbagai pihak namun hingga kini belum terselesaikan.

Baca Juga :   PPP Jaring Bacawali Probolinggo

Berdasarkan data yang didapatkan oleh wartabromo, dusun-dusun yang belum menikmati aliran listrik tersebut yakni Kecamatan Gending sebanyak 41 Dusun, Kecamatan Wonomerto dengan 38 dusun, Kecamatan Pajarakan dengan 30 dusun kemudian di Kecamatan Krucil sebanyak 25 dusun dan di Kecamatan Pakuniran sebanyak 20 dusun sementara di Tiris sebanyak 19 dusun.

Selain itu, Kecamatan Sukapura sebanyak 11 dusun, Tegalsiwalan 2 dusun, Kecamatan Sumber 12 dusun, dan Kecamatan Banyuanyar 4 dusun, Kecamatan Bantaran 5 dusun, Leces 2 dusun, Besuk 1 dusun dan juga Kecamatan Krejengan 2 dusun, kemudian Kecamatan Lumbang 4 dusun, Sumberasih 3 dusun, dan Kecamatan Gading 7 dusun. (rhd/yog)