Ada Gerhana Matahari Cincin, Anak SD di Probolinggo Gelar Sholat Gerhana

684

sholat-gerhana-matahariKraksaan (wartabromo)– Puluhan siswa SD Kreatif Muhammadiyah Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo menggelar shalat gerhana matahari di Masjid sekolah setempat, Selasa (29/4/2014).

Shalat sunat dua rakaat tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas empat hingga kelas enam dan di pimpin langsung oleh Ajuslan Kerubun seorang guru di sekolah setempat.

Ajuslan mengaku, kalau peristiwa gerhana matahari tersebut jarang terjadi.

“Sebenarnya, gerhana ini merupakan kekuasaan Allah yang patut direnungi bersama oleh seluruh umat. Matahari adalah anugerah yang tak terhingga
yang memberikan cahaya kepada seluruh semesta alam,” kata Ajuslan.

Ajuslan menambahkan, dengan
peristiwa gerhana matahari, umat
disadarkan bahwa matahari memiliki kekuatan untuk keberlangsungan kehidupan umat manusia.

“Kita bisa bayangkan akan seperti apa alam semesta ini tanpa adanya matahari. Niscaya manusia akan berjalan dalam kegelapan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dirilis oleh BMKG, Gerhana Matahari cincin terjadi pada tanggal 29 April 2014. Gerhana Matahari Cincin ini hanya dapat disaksikan di sebagian Antartika bagian timur laut. Sementara selain di wilayah tersebut, gerhana ini dapat juga dilihat di Indonesia bagian selatan (Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur), Australia, Samudra Hindia bagian selatan, dan sebagian Antartika bagian utara berupa Gerhana Matahari Sebagian. (yog/yog)