Tingkat Kehadiran Pemilih Suku Tengger di Pilpres Terbaik Se-Pasuruan

656
suku tengger
dok. wartabromo

Pasuruan (wartabromo) – Warga Kecamatan Tosari atau yang lebih dikenal dengan masyarakat suku tengger ternyata memiliki tingkat partisipasi pemilih terbanyak dalam Pilpres 2014 di Kabupaten Pasuruan. Hal ini terlihat dari tingkat kehadiran pemilih yang menggunakan hak suaranya saat pemungutan suara, 9 Juli lalu.

Berdasarkan data yang didapatkan wartabromo, dari jumlah pengguna hak pilih yang terdaftar baik dalam DPT, DPK maupun DPktb sebanyak 14.148 pemilih. Sementara, warga yang datang ke TPS – TPS di daerah setempat dan menggunakan hak suaranya sebanyak 12. 445 pemilih terdiri atas laki-laki sebanyak 6.095 pemilih dan Perempuan sebanyak 6.350 pemilih.

“Ini merupakan tingkat partisipasi pemilih terbaik se- Kabupaten Pasuruan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, A. Azmi Abbas Djajuli pada wartabromo seusai sidang pleno rekapitulasi suara Pilpres 2014 di Kantor KPU, Rabu (16/7/2014).

Baca Juga :   Motor Tak Bertuan, Desa Tunggulwulung Jadi Sasaran

Menurutnya, pihak KPU Kabupaten Pasuruan mengaku sangat mengapresiasi tingkat partisipasi yang sudah ditunjukkan oleh pemilih serta kerja keras penyelenggara pemilu baik KPPS, PPS dan PPK sehingga tingkat kehadiran pemilih atau Golput bisa diminimalisir.

“Kita akan berikan reward khusus pada mereka,” ungkap Azmi.

Berbeda dari Kecamatan Tosari yang memiliki tingkat kehadiran pemilih cukup baik, Kecamatan lekok justru sebaliknya. Berdasarkan data yang didapat, dari total jumlah pemilih sebanyak 53.128, yang hadir ke TPS dan menggunakan hak suaranya tercatat sebanyak 31.850 pemilih. Mereka kebanyakan adalah pemilih perempuan sebanyak 17.324 pemilih atau lebih besar dari jumlah pemilih laki – laki  yang hanya sebanyak 14.528 pemilih.

Baca Juga :   3 Rumah Warga di Tosari Ambruk Tertimpa Longsor

“Kalau dibandingkan Pileg lalu memang ada penurunan tapi tidak terlalu signifikan,”tandas Azmi Abbas.

Dalam Pilpres 2014 kali ini, jumlah pemilih di Kabupaten Pasuruan tercatat sebanyak 1.188.962 pemilih terdiri atas pemilih terdaftar di DPT sebanyak 1.181.486 orang, pemilih terdaftar di DPK sebanyak 606 orang, Daftar pemilih tambahan (DPtb) sebanyak  587 orang dan Daftar pemilih khusus tambahan (DPKtb) sebanyak 6.283 pemilih. Sementara pengguna hak pilih tercatat sebanyak 831.047 pemilih. (yog/yog)