Tahura R Soerjo: 575 Hektar Hutan Terbakar

568
Kebakaran di Gunung Arjuna pertengahan Oktober lalu. Selama musim kemarau 2015, Tahura R Soerjo mencatat 23 peristiwa kebakaran dan seluas 575 hektar lahan di wilayah Malang-Batu-Pasuruan ludes./WARTABROMO/Gesang A Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Kebakaran hutan Gunung Arjuno-Ringgit yang terjadi sejak Senin (26/10) malam, belum padam.

Peristiwa ini menambah panjang jumlah kebakaran hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo. Tercatat 23 kali kebakaran terjadi di kawasan Gunung Arjuna-Ringgit-Welirang, selama musim kemarau tahun ini.

“Telah terjadi 23 kali kebakaran yang menyebabkan sebanyak 575 hektar lahan di wilayah Malang-Pasuruan terbakar,” kata Kepala Seksi Malang-Pasuruan Tahura R Soerjo, Murbandarto, Selasa (27/10/2015) malam.

Menurut dia, lahan di Gunung Arjuno-Ringgit wilayah Pasuruan yang terbakar merupakan lahan yang sebelumnya pernah terjadi kebakaran.

“Itu lahan yang pernah terbakar yang sudah pernah kita padamkan, karena cuaca panas dan angin kencang, bara api yang ada di akar pohon kembali memantik kebakaran, ” jelas Murbandarto.

Petugas Tahura sampai saat ini masih berusaha memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan sistem gebyok menggunakan ranting dan dahan pohon.

“Kebakaran mengarah ke Pujon, Malang,” pungkas Murbandarto. (fyd/fyd)

(Baca: Arjuna Menanti Hujan)