171 Balon Kades Pasuruan Ikuti Uji Kompetensi

1518
KADES
Sebanyak 171 balon kades akan mengikuti tes dan uji kompetensi yang dugelar Pemkab Pasuruan, Sabtu (31/10/2015). uji kompetensi merupakan sarat wajib bagi para balon kades untuk mengikuti pilkades serentak pada 29 Nopembber nanti. Foto : Warta Bromo/Mil Emon

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 171 bakal calon kepala desa (balon kades) dari 49 desa di Kabupaten Pasuruan mengikuti seleksi dan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Pemkab Pasuruan, di Gedung Serbaguna (GSG) Kabupaten Pasuruan, Sabtu (31/10/2015).

Seleksi dan uji kompetensi tersebut, merupakan syarat wajib bagi para balon kades, untuk dapat menjadi calon dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serempak di Kabupaten Pasuruan, pada 28 November 2015 mendatang,

Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Pasuruan, M Soeharto mengatakan, uji kompetensi bagi bakal calon kepala desa digelar tertulis. Pemkab Pasuruan mempercayakan Universitas Brawijaya Malang sebagai pihak penyelenggaran ujian tersebut.

“Semua balon kades harus hadir, kalau ada yang absen, maka kami anggap tidak lolos alias gugur,” tandas Soeharto.

Baca Juga :   Cara Sederhana dan Jitu Gagalkan Kejahatan Ala WarMo

Seluruh balon kades tersebut berasal dari 21 kecamatan. Untuk pilkades 2015 ini, kecamatan yang tidak menggelar pilkades adalah Kecamatan Bangil, Prigen dan Lumbang.

“Jika dihitung dari jenis kelamin, 164 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 7 orang perempuan. Artinya lebih dari 90% didominasi kaum adam,” imbuh Soeharto.

Ditambahkan, pelaksanaan seleksi dan uji kompetensi yang digelar tersebut adalah bagian tidak terpisahkan dari proses untuk menentukan minimal dua maksimal lima bakal calon yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Pasuruan tentang petunjuk tekhnis Pemilihan Kepala Desa.

“Pelaksanaannya melalui tes tertulis dan ini juga menjadi bagian untuk menguji kemampuan serta kapabilitas bakal calon yang akan ikut bersaing dalam Pilkades,” terangnya.

Baca Juga :   Terlibat Pengaturan Skor, Wasit Pertandingan Persibara Vs Persekabpas Ditangkap

Sementara itu, M Ilham Kholikh Sofyana, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya menambahkan, seluruh peserta mengikuti ujian tertulis mengenai pemerintahan, kemasyarakatan, agama dan budaya, serta pengetahuan umum.

“Jumlah soal ada 86, terdiri dari 75 soal pilihan ganda dan 11 soal essay dan ditempuh dalam waktu 2 jam,” tegasnya. (mil/hrj)