Tak Ada Anggaran, Pemindahan TL Simpang Empat Taman Dayu Molor

314
Penumpukan kendaraan di Simpang Empat Taman Dayu yang selalu terjadi saat akhir pekan maupun libur panjang. WARTABROMO/Egy Sigit

Pandaan (wartabromo) – Pemindahan tiang traffic light Simpang Empat Taman Dayu, Pandaan, yang direncanakan akhir Desember 2015 lalu, tidak terlaksana. Pemindahan yang diharapkan bisa mengurangi kemacetan horor tersebut terkendala anggaran.

“Memang rencananya Desember tahun kemarin, namun karena anggaran yang terbatas, akhirnya kita tunda,” kata Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Hendro Gunawan, Jumat (15/1/2016).

Hendro mengatakan, sebelumnya untuk mengurangi resiko kemacetan dan antrean kendaraan di lokasi tersebut jajaranya bersama instansi terkait seperti Dishub sudah merencanakan melakukan pemindahan traffic light.

Dari arah Malang-Surabaya, traffic light akan digeser ke selatan sebelum pintu masuk Taman Dayu, sedangkan dari arah Kota Pandaan juga digeser ke utara persisnya di gang Jalan Desa Kalitengah.

Meski demikian, kata Hendro, bukan berarti hal tersebut batal dilakukan. Pengalokasian anggaran dijadwalkan terlaksana pada tahun 2016 ini. Nantinya, perubaham posisi traffic light bisa mengurangi antrean kendaraan dan akan berjalan outomatis menyesuaikan panjang antrean.

“Jadi nanti ada alat sensor yang secara outomatis akan menyala hijau ketika antrean kendaraan mencapai batas tertentu,” tandas Hendro.

Diharapkan dengan rencana pergeseran traffic light, crossing lalu lintas di Simpang Empat Taman Dayu yang berlangsung sejak dibukanya jalan tol akan berkurang. Kendaraan tidak lagi mengekor panjang terlebih saat libur akhir pekan maupun libur panjang. (egy/fyd)