Pedagang Ini Mampu Jual 70 Ekor Kambing Selama Idul Adha

448
Foto: M Rosyidi

Gondangwetan (wartabromo) – Menjelang Hari Raya Idul Adha, para pedagang hewan kurban musiman mulai bermunculan di Jalan Raya Gondangwetan. Salah satu pedagang kambing, Asek (40), mengaku penjualannya bisa mencapai 70 ekor.

IMG_20160906_162459Asek sudah puluhan tahun memanfaatkan momen Idul Kurban untuk meraup rejeki. Banyaknya permintaan kambing untuk kurban membuatnya bisa mendapatkan untung besar.

“Alhamdulillah sudah puluhan tahun dagang di sini,” kata Asek lapak dagangan kambing di depan rumahnya Desa Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (6/9/2016).

Karena sudah puluhan tahun menjual kambing kurban, Asek pun memiliki banyak pelanggan. “Banyak yang sudah pesan jauh-jauh hari. Ke sini tinggal ambil,” jelasnya.

Asek selama ini hanya menjual kambing. Ia kulakan kambing ke Tutur dan desa sekitar Gondangwetan.

Harga yang ditawarkan Asek mulai dari Rp2 juta hingga Rp3,5 juta, tergantung dari besar dan umur kambing tersebut.

“Setiap tahunnya saya menjual 60 – 70 ekor kambing dan itu pun terjual semua. Tahun ini saya sediakan 40 ekor kambing. Kalau nanti habis saya akan pesan lagi,” pungkasnya.

Di Jalan Raya Gondangwetan sendiri terdapat puluhan pedagang hewan kurban musiman. Terlihat ada beberapa pegadang yang sudah siap untuk menjual dagangannya dan juga masih membangun kandang hewan dagangannya. (ros/fyd)