400 Pelajar dan Santri Ikuti MTQ Hari Jadi Kabupaten Pasuruan

987

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 400 siswa dan santri dari sejumlah sekolah dan Pondok Pesantren se-Kabupaten Pasuruan mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). MTQ yang digelar dalam rangka HUT ke-1087 Kabupaten Pasuruan ini dimaksudkan menjaring kemampuan seni baca dan lagam baca Al Qur’an.

“Selain pendidikan, MTQ ini juga sebagai penjaringan sebagai persiapan MTQ Tingkat Jatim yang InsaAllah akan digelar di Kabupaten Pasuruan 2017,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dalam pembukaan MTQ di pendopo, Senin (26/9/2016).

Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Munif mengatakan, MTQ Kabupaten Pasuruan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, yakni sejak 26-28 September 2016, dan diikuti oleh 400 peserta dari 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

“Para pesertanya kebanyakan adalah pelajar atau santri dari pondok pesantren di Kabupaten Pasuruan. Sebelum mengikuti MTQ tingkat Kabupaten ini, para peserta ini adalah wakil terbaik dari masing-masing kecamatan, sehingga para juri juga akan dibuat bingung dengan kemampuan peserta,” kata Munif.

Munif menambahkan, sebanyak 21 cabang lomba akan dipertandingkan, seperti Tartil anak, tartil remaja, cacat tuna netra, dewasa, Qiro’ah Sat’a dan cabang lomba lainnya.

Panitia menyediakan 6 tempat lomba, diantaranya Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan, Graha KH Achmad Jufri, Pendopo Kecamatan Kejayan, Ex Kantor KPU Kabupaten Pasuruan, Pendopo Kecamatan Pohjentrek, dan Balai Desa Pohjentrek.

“Kita pilih lokasi yang tidak terlalu jauh, sehingga para peserta juga mudah untuk menjangkau lokasi lomba MTQ ini. Kita menyediakan hadiah untuk masing-masing juara, mulai Juara I dengan hadiah Rp 1 juta, Juara II Rp 750 ribu, dan Juara III Rp 500 ribu, dan hadiah semuanya dipersembahkan oleh Bupati Irsyad Yusuf,” imbuhnya.

Pembukaan MTQ juga Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasuruan, KH Nurul Huda, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin dan Rois Surya, KH Muzakki Birul Alim, KH Khilmi, serta ratusan peserta MTQ. (*/*)