Polres Probolinggo Bentuk Satgas Brantas Knalpot Brong

569

Kraksaan (wartabromo.com) – Perayaan Tahun Baru 2017 rawan dengan tawuran pemuda yang dipicu knalpot brong. Tak ingin kondisi kamtibmas terganggu, Polres Probolinggo membentuk Satuan Tugas yang diberi nama “Satgas Berantas Knalpot Brong”.

Menurut Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin, satgas tersebut bertujuan untuk mengantisipasi tawuran antar kelompok pemuda saat malam pergantian tahun akhir pada 31 Desember nanti. Berdasarkan analisa, tawur antar kelompok pemuda diawali dengan raungan knalpot brong yang dipakai kelompok lain. Dimana antar kelompok itu, saling menggeber kendaraan yang sudah dipasang knalpot brong. Kondisi inilah yang sering terjadi dan bisa dipastikan kemungkinan akan berakhir dengan tawur.

“Satgas ini sudah mulai terjun ke lapangan sejak hari ini. Dengan adanya tim ini paling tidak perayaan Natal & tahun baru dapat berjalan aman dan tertib tanpa ada peristiwa yang tidak kami inginkan,” terang Kapolres Probolinggo.

IMG-20161228-WA0006

Nantinya, tim ini tidak hanya berada di tingkat Polres Probolinggo, melainkan akan sampai ke polsek-polsek di Kabupaten Probolinggo. Karena itulah masyarakat utamanya anak muda harus mengganti knalpot brongnya menjadi knalpot standard. Sebab, tim yang akan dibentuk tersebut tak akan segan memberhentikan kendaraan warga manakala menggunakan knalpot brong.

“Saat melihat anak muda maupun pengendara lain yang menggunakan sepeda motor tidak sesuai speknya bisa langsung diamankan. Karena knalpot brong mengganggu pengguna jalan lain,” jelasnya.

Kapolres juga menambahkan, khususnya di daerah Pantura dan pusat keramaian di Kabupaten Probolinggo pihaknya akan meminta ganti knalpot langsung di tempat. “Langsung suruh ganti di tempat. Jika ada di rumah langsung diambil, kemudian ganti dengan standartnya,” ujarnya.

Selain dilaksanakan patroli secara rutin, dengan adanya tim Satgas Berantas knalpot brong ini diharapkan bisa mengurangi secara drastis kasus tawuran saat malam pergantian tahun. (saw/yog)