Perjuangkan Rohingya, Santri Pasuruan Datangi Walubi

921

Bangil (wartabromo.com) – Sejumlah organisasi keagamaan tergabung dalam Solidaritas Umat Islam Pasuruan, bergerak menuju Kantor Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) JawaTimur di Surabaya. Santri Pasuruan ini ingin menyampaikan penolakan terhadap kekerasan militer Myanmar terhadap suku Rohingya.

Koordinator Solidaritas Umat Islam Pasuruan Habib Zainal Abidin mengatakan, aksi ini merupakan aksi damai untuk memberikan dukungan terhadap kaum Rohingya.

Dikatakan mereka ingin berdiskusi dan mendapatkan pandangan dari perwakilan Walubi terkait kejadian penindasan yang terjadi disana.

“Kami ingin pembantaian dan pembunuhan massal ini bisa dihentikan. Semoga (aksi) ini bisa menjadi awal yang baik demi kebaikan semuanya,” ujar Zainal Abidin.

Puluhan santri ini berangkat dari kantor DPRD Kabupaten Pasuruan dengan mengendarai berbagai jenis kendaraan menuju Surabaya.

Baca Juga :   Ayo Budal! Ada Laga Amal untuk Maskot Persekabpas di Pogar

Aksi diharapkan dapat membuka mata dunia untuk lebih tanggap mengatasi konflik ini.
Menurutnya, PBB dan Asean belum berperan maksimal dalam upaya perdamaian, karena belum memberikan dampak positif.

Ia berharap, Walubi bisa menyampaikan pesan perdamaian. Kata dia, pihaknya sangat berharap Walubi bisa menjadi jembatan harapan bagi suku Rohingya.

DPRD Kabupaten Pasuruan meyakinkan tetap memberikan dukungan penuh kepada puluhan santri yang menuntut kedamaian suku Rohingya.

“Saya dampingi. Intinya, kami minta Walubi untuk menyampaikan pesan kami. Hentikan penindasan dan pembantaian brutal. Junjung tinggi solidaritas. Kami berharap, Walubi bisa menyampaikan pesan kami ke Pemerintah Myanmar,” Sudiono Fauzan, Ketua DPRD Pasuruan. (man/ono)