Segelas Teh Membuat Siswa Rileks Saat UNBK

789

Probolinggo (wartabromo.com) – Meski Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bukan penentu utama kelulusan, ternyata masih banyak siswa yang gugup menghadapinya. Agar siswa rileks, dewan guru SMKN 1 Probolinggo memberikan segelas teh untik dikonsumi sisaa sebelum ikut ujian.

Kepala SMKN 1 Probolinggo Didik Purwandi, menuturkan pemberian minuman teh kepada siswa menjelang pelaksaan UNBk bukan tanpa alasan. Sebab teh diketahui mengandung beberapa zat stimulan yang mampu memberikan sensasi rileks. Serta meningkatkan konsentrasi otak. Zat itu antara lain adalah Kafein, Theophyline, Theobrom serta L-Theanine.

“Secara ilmiah L-theanine merupakan Asam Amino Psikoaktif dengan Sifat Unik yang meningkatkan pancaran gelombang otak yang disebut gelombang Alpha, yang berhubungan dengan peringatan relaksasi. Kemudian dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa L-Theanine, terutama bila dikombinasikan dengan kafein, bisa meningkatkan perhatian dan fungsi otak,” tetang Didik, Senin(02/04/2018).

Dengan khasiat itulah, Didik dan dewan guru menyuguhkan segelas teh hangat kepada 346 siswa yang terdiri dari 5 kelas, sebelum mengikuti UNBK, sembari berdoa bersama. Harapannya siswa tidak tegang saat mengerjakan soal-soal ujian. Mereka dengan santai akan mengerjakan soal dengan konsentrasi tinggi.

Selain relaksasi teh, jauh hari pihak sekolah telah menyiapkan anak didiknya dengan sejumlah Try Out dan belajar kelompok. “Berbagai cara yang dilakukan oleh sekolah dengan harapan siswa lulus seratus persen. Harapan saya dengan teh yang dido’akan ini bisa membuat siswa terbuka pikirannya juga bisa tenang dalam mengerjakan soal ujian, atas ijin yang kuasa amin,” tambah Didik.

Salah satu siswa, Fersya Salahudin, mengaku cukup terbantu dengan kegiatan doa bersama dan minum teh sebelum ujian itu. “Terasa sangat rileks. Insyaallah siap untuk ujian. Sebelumnya sudah ikut try out dan belajar kelompok dengan teman-teman,” ujarnya.

Untuk hari pertama UNBK, siswa mengerjakan ujian pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk selanjutnya ada Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan. UNBK sendiri dilaksanakan mulai Senin hingga Kamis (2-5/4/2018). (fng/saw)