Dorong Percepatan Industri Logam Kota Pasuruan, Gus Ipul Janji Perkuat Regulasi dan Pasar

0
342

Pasuruan (wartabromo.com) – Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) Syaifullah Yusuf, menilai industri logam Kota Pasuruan harus dilakukan percepatan dalam pengembangannya. Iapun janji perkuat regulasi dan bantu pemasaran industri logam di Kota Pasuruan agar lebih berdaya saing.

Janji tersebut diungkapkan oleh Gus Ipul, panggipan akrabnya, saat sambangi pengusaha logam di Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jumat (6/4/2018).

Industri logam Kota Pasuruan memiliki sejarah panjang sehingga dianggap memiliki potensi besar untuk dapat lebih memberikan warna di pasar domestik bahkan internasional.

Hanya saja, meski telah mencatatkan diri sebagai salah satu sentra logam terkemuka di Jawa Timur, perkembangan industri ini terbilang masih stagnan, atau malah cenderung terdapat kemunduran.

Dari serangkaian dialog, Gus Ipul menyerap dan menyimpulkan, bila kebutuhan mendasar untuk mendorong percepatan pengembangan industri logam adalah soal pemasaran dan perbaikan mutu, selain ditunjang kebijakan penguatan regulasi.

“Perlu afirmasi dengan memperkuat kebijakan, regulasi. (Terutama) pasar. Kalau ada yang beli, maka tentu akan terus berproduksi,” ujar Gus Ipul.

Terkait kebutuhan anggaran dalam upaya pengembangan industri ini, Gus Ipul mengungkapkan tidak terlalu menjadi persoalan. Hal penting yang perlu diperhatikan terkait daya saing mulai dengan mutu produk hingga pemasaran.

Diketahui, Kota Pasuruan selain dikenal memiliki sentra mebel juga terdapat sentra logam, dengan memproduksi sparepart kendaraan bermotor. Keberadaan industri logam kian waktu kurang mendapat perhatian. Dan kondisinya kian parah setelah gerojokan barang impor tak terbendung turut menggilas peraaingan, hingga seperti ungkapan hidup segan mati tak mau. (ono/ono)