Terperosok Lubang, Truk Muatan Serbuk Sengon Terguling

432

Probolinggo (wartabromo.com) – Buruknya infrastruktur di ruas jalan Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Senin (9/4/2018), berbuah malapetaka. Sebuah truk bermuatan serbuk kayu sengon terguling karena as rodanya patah gara-gara terperosok ke lubang jalan.

Informasi yang didapat wartabromo.com, peristiwa naas itu bermula saat Kusno Riyanto (51), warga Desa Brani wetan RT. 013 RW 002, Kecamatan Maron, mengemudikan truk engkel dengan nopol L-8531-BR. Truk engkel itu bermuatan serbuk kayu sengon yang diambil dari tempat penggergajian.

Sesampainya di tempat kejadian, Kusno mempercepat laju kendaraannya. Sebab, ada beberapa lubang yang menganga di jalan raya itu. Ia pun meliuk liuk menghindari lubang. Naasnya, aksi itu tak berjalan mulus, sebab salah satu rodanya terperosok ke lubang jalan. Sehingga salah satu as roda belakang patah. Akibatnya, truk yang sarat muatan itu terguling ke sisi kanan.

“Saya tak bisa menguasai kemudi karena as roda belakang patah. Ya akhirnya terguling. Untung tak sampai masuk ke sungai,” kata Kusno.

Menurut Kapolsek Maron, AKP. Sugeng Supriyantoro, selain dipicu oleh infrastruktur jalan yang buruk, kecelakaan tunggal itu juga diakibatkan muatan truk. Dimana muatan serbuk kayu sengon Itu, membubung tinggi dan tidak sesuai standar.

“Muatannya tinggi sekali. Karena Itu, kami menghimbau kepada para sopir untuk memperhatikan ketinggian muatan dan kapasitas truk yang dikemudikannya,” kata mantan Kapolsek Gading itu. (saw/saw)