Puluhan Ibu-ibu Ikuti Pelatihan Pengolahan Ikan di Balai Benih Ikan Winongan

1175

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan gelar pelatihan pengolahan ikan di Balai Benih Ikan (BBI), Dusun Putat, Desa Penataan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (19/7/2018). Kegiatan ini untuk mengenalkan manfaat ikan dan cara pengolahan aneka makanan berbahan dasar ikan secara tepat.

Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari ibu-ibu dari Kecamatan Winongan dan Gondang wetan terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Ini karena pengajaran pengolahan ikan bukan hanya secara teori, namun juga praktik.

Sugeng Subianto, Kepala Bidang Usaha Perikanan Kabupaten Pasuruan mengatakan, ada 2 varian pengolahan ikan yang dipraktikan pada kegiatan itu. Diantaranya pengolahan sempol ikan lele dan sosis ikan lele.

Baca Juga :   Sopir Jeep Bromo Turun ke Ladang

“Agar ibu-ibu bisa meningkatkan keterampilannya,dalam membuat aneka macam olahan ikan” tutur Sugeng.

Dikatakan kemudian, kegiatan ini difokuskan di wilayah pedesaan. Hal ini supaya ibu-ibu bisa mengolah ikan dengan berbagai variasi.

“Bukan hanya digoreng saja, tapi bisa diolah lebih banyak lagi varian makanan ikan,” Jelasnya Sugeng.

Sementara itu, Maslukha, peserta asal Gondang Wetan mengungkapkan rasa senangnya saat mengikuti pelatihan ini. Ia mengaku, kegiatan dari Dinas Perikanan ini dapat menambah wawasannya.

“Yang pertama ada peluang usaha dirumah, yang kedua nambah ilmu untuk merasakan ikan yang lain (variasi ikan, red),” ungkapnya. (trd/**)

Simak Videonya disini.