KPU Segera Tetapkan Bupati Probolinggo Terpilih

1820
P. Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko (HATI), saat menerima rekomendasi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo dari Partai Gerindra beberapa waktu sebelum pemilihan. Pasangan ini terpilih dalam Pilkada serentak 27 Juli 2018 dan akan ditetapkan pada Kamis, 26 Juli 2018. Foto: dokumen.

Probolinggo (wartabromo.com) – KPU Kabupaten Probolinggo segera menetapkan P. Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko (HATI), sebagai Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo terpilih. Rencananya penetapan itu akan dilakukan pada Kamis (26/7/2018) pagi di Gedung Islamik Center (GIC) Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan.

Kepastian penetapan Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo Terpilih dilakukan KPU setelah adanya surat dari KPU RI pada Senin (23/7/2018). Dalam surat tersebut diterangkan, Pilkada Kabupaten Probolinggo tanpa ada gugatan. Keterangan tersebut diperoleh dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Alhamdulillah pemilihan bupati Probolinggo berjalan sukses, hal itu ditandai dengan tidak adanya permohonan gugatan pilkada di Mahkamah Konstitusi. Segera kami lakukkan penetapan Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo terpilih. Insyaallah Kamis lusa,” kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M. Zubaidi, Selasa (24/7/2018).

Rencananya penetapan itu dilakukan pada pukul 08.00 WIB di Gedung Islamic Centre. Dua pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada Kabupaten Probolinggo, akan diundang. Yaitu pasangan HATI dan pasangan Abdul Malik Haramain dan Mohammad Muzayyan (MMC).

Selain Paslon, KPU juga mengundang Parpol pendukung kedua pasangan. Yakni NasDem, PDIP, Golkar, PPP dan Gerindra di barisan pengusung HATI. Serta PKB dan Partai Demokrat di barisan pengusung MMC.

“Forkopimda Kabupaten Probolinggo juga diundang. Begitu juga dengan pimpinan DPRD, SKPD terkait, serta PPK. Harapan kami, penetapan itu berjalan lancar tanpa halangan,” ujar mantan guru tersebut.

Sebagai informasi, pasangan HATI (Hj. P. Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko) merupakan pasangan incumbent. Dengan penetapan ini, keduanya akan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo untuk periode kedua.

Dalam Pilbup lalu, dari total suara sah, Paslon Puput Tantriana Sari – HA Timbul Prihanjoko (HATI) memperoleh 345.473 suara (54,93%). Sementara paslon Abdul Malik Haramain – Mohamad Muzayyan (MMC) hanya mengantongi 254.337 suara (40,44%). Angka itu terpaut cukup jauh, yakni 91.136 (14, 49%). (saw/saw)