Kawanan Kera Liar Serang Ladang Petani Lumbang

2099

Lumbang (wartabromo.com)- Warga Desa/Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, resah. Sebab, kawanan kera liar dari hutan lindung tak jauh dari pemukiman, merusak ladang milik warga.

Kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Probolinggo, berdampak pada minimnya stok makanan kera liar di hutan lindung Lumbang. Utamanya di sekitar kawasan Kali Gedhe atau Tirta Ageng. Kondisi itu kemudian diperkirakan membuat hewan primata itu turun gunung, ke ladang warga. Akibatnya, dalam semalam, jagung yang tumbuh di salah satu petak ladang milik warga, habis hingga sampai 80 persen.

“Biasanya kera-kera itu datang pagi atau petang hari. Bahkan kapan saja ketika kera liar itu kelaparan. Mungkin kawanan kera itu kehabisan makanan di habitatnya,” tutur Sudibyo, warga setempat, pada Kamis (20/9/2018).

Baca Juga :   Terlibat Kecelakaan Beruntun, Pupuk Urea 'Misterius' Tumpah ke Jalan

Meski menghabiskan tanaman mereka, warga enggan membunuh primata tersebut. Selain kasihan, mereka juga takut terkena masalah hukum jika membunuh kera liar ini. “Warga pun hanya bisa pasrah, atas kejadian tersebut. Upaya yang dilakukan, hanyalah sebatas menghalau jika kawanan kera datang. Tidak sampai pasang jebakan atau membunuhnya,” lanjut Dibyo.

Warga hanya berharap, ada perhatian dari pihak terkait, atas permasalahan ini. Berupa pemasangan jaring penghalang antara ladang warga dengan hutan. Sehingga kawanan kera tidak bisa menembus ladang warga. Atau dengan cara lain, dengan menanam tanaman buah di areal hutan kaligedhe. (lai/saw)